Jumat 07 Apr 2017 19:46 WIB

Chef Bara Ajak Bereksplorasi dengan Rasa Pedas

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Chef Bara Pattiradjawane
Foto: dok Sambal ABC
Chef Bara Pattiradjawane

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef Bara Pattiradjawane ternyata sering melakukan eksplorasi berbagai makanan manis dengan saus sambal. Misalnya padanan es krim vanila dengan saus sambal.

Kombinasi es krim dengan saus yang sempat populer tahun lalu melalui program Tantangan Sambal ABC Season 1, ternyata delapan tahun sebelumnya Chef Bara sudah sering mencobanya. Selain rasa vanila ia juga mencoba rasa lainnya salah satunya stroberi, tapi ternyata kurang cocok bila dipadankan dengan saus sambal.

"Saya juga pernah makan pete dalam saus cokelat. Ini kebiasaan gila. Melatih lidah saya, kalau rasa ini campur rasa ini apa yang terjadi. Ingin mengetahui apa sih yang enak. Kala itu saya coba es krim vanila dengan saus sambal," jelasnya

Selain makanan manis yang ia tambahkan dengan saus sambal. Ia juga pernah mencoba makanan asam, pahit dan asin. Bahkan ia menambahkan kategori pedas yang dipadankan dengan saus sambal. "Di Indonesia ditambahkan rasa pedas. Tapi rasa pedas bisa masuk keempat elemen rasa. Pahit kasih pedas enak, manis kasih pedas enak banget, asam dan asin ditambah pedas akan berikan satu sensasi baru," jelasnya.

Menurutnya, perlu orang Indonesia lebih banyak mengeksplorasi lidahnya. Sedari kecil orang Indonesia tahunya kalau makan pempek cocoknya dengan cuko. Atau makan otak-otak dengan saus kacang.

Ia mengajak bereksperimen mendobrak bagaimana lidah bisa mendapatkan satu rasa baru. "Makanan bisa membuat emosional, happy, marah atau sedih."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement