Selasa 13 Nov 2018 09:56 WIB

Chef Bara Bagi Resep Apple Pie Simpel

Pai ala Amerika bisa dimasak dengan model terbuka atau tertutup.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Apple pie.
Foto: Pixabay
Apple pie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa orang yang mengatakan membuat apple pie Amerika sulit dibuat. Padahal, makanan satu ini terbilang memiliki proses mengolah dan memasak yang cukup sederhana.

Chef Bara Pattiradjawane mencoba memberikan resep membuat apple pie Amerika yang sederhana dan mudah dipraktikkan di rumah. Bahkan resep kali ini akan lebih sehat dan rendah kalori.

Baca Juga

Cukup sediakan bahan 125 gram tepung terigu, 60 gram mentega rendah garam, 20 gram gula rendah kalori, satu butir telur, dan satu sendok makan air dingin. Untuk isian, siapkan 400 gram apel hijau, satu sendok makan lemon juice dengan kulit parutan, 60 mililiter gula jawa rendah kalori, 50 gram kismis, satu sendok teh kayu manis, pala, 30 gram madu, satu sendok teh maizena, dan dua sendok makan jus jeruk dengan kulit parut.

Untuk memasaknya, masukan bahan-bahan kulit semua menjadi satu. Untuk proses pengadukan dapat menggunakan garpu hingga adonan berbentuk seperti buliran pasir besar.

"Ini pakai mentega yang dingin ya, harus dingin agar dapat tekstru yang diinginkan," ujar pemilik akun @barasupercook.

Penggunaan mentega dingin ini bisa membantu adonan menjadi butiran seperti pasir. Adonan bentuk ini memang digunakan untuk pembuatan pai yang memiliki tekstur renyah setelah dipanggang, bukan malah bantat.

Chef Bara pun mengingatkan, dalam proses mencampur ini pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Pembuatan kue dengan roti berbeda, sehingga tidak perlu terlalu lama diulenin dengan banyak tenaga, cukup dengan ujung jari saja.

"Kemudian adonan ini masukan dalam kulkas, selama 20 menit saja. Jangan lama-lama, nanti malahan jadi keras," ujar Chef Bara.

Setelah adonan dikeluarkan, pipihkan dengan menggunakan rolling pin. Setelah ukuran dirasa cukup, masukkan ke dalam cetakan pai dan masukkan bahan isian yang sudah dicampur ke dalamnya.

Untuk membuat pai ini bisa dengan versi terbuka atau tertutup. Namun, menurut Chef Bara memang paling mudah dengan versi terbuka saja. kalau menggunakan versi tertutup, sebaiknya tusuk bagian tengah agar ketika matang pai tidak pecah.

Masukan dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius. Tunggu hingga matang dengan tanda berwarna kecokelatan pada kulit pai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement