Ahad 18 Nov 2018 17:32 WIB

Es Buah Sehat Versi Bara Pattiradjawane

Gunakan buah segar dan hindari buah kaleng yang kaya gula.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Pilih buah segar untuk bahan es buah.
Foto: Pixabay
Pilih buah segar untuk bahan es buah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Es buah merupakan kudapan yang sering disalahartikan. Menggunakan buah-buahan memang akan memberikan manfaat kesehatan, namun jangan lupakan keberadaan gula yang sering dimasukkan berlebihan di dalamnya.

Untuk tetap menyimpan manfaat dari buah-buahan yang digunakan dalam es buah, maka sebaiknya hindari penambahan gula.  Artinya, penggunaan sirup pun harus yang bebas gula.

Baca Juga

"Sekarang ada sirup dari yang bebas gula, sehingga aman buat dikonsumsi, bahkan untuk orang diabetes," ujar Chef Bara Pattiradjawane.

Di samping sirup, Chef Bara pun mengingatkan, ketika ingin membuat es buah, gunakan buah-buahan segar, bukan kalengan. Mengapa? Buah kaleng merupakan penyumbang terbesar gula dalam es campur.

Air yang ada didalamnya telah diberikan gula sehingga buahnya pun telah terasa lebih manis. Sehingga ketika menggunakan buah kaleng, maka es buah yang awalnya ingin sehat, justru malah membuat berbahaya.

"Buah-buahan ini kan tinggi antioksidan, jangan sampai hancur karena gula," ujar pemilik akun @barasupercook.

Chef Bara menjelaskan, untuk membuat es buah versinya cukup mudah, cukup siapkan buah-buahan segar, seperti stroberi, jeruk mandarin, apel, hingga kiwi. Kemudian semua dipotong dadu dan masukan dalam mangkuk besar.

Setelah itu, masukan air dingin secukupnya, dan tambahkan sirup bebas gula atau rendah gula. Untuk menambah dingin, jangan lupa masukkan potongan es batu ke dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement