Ahad 18 Nov 2018 17:45 WIB

Manfaatkan Selai untuk Puding

Tambahkan dengan buah segar agar puding lebih sehat.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Puding stroberi
Foto: Pixabay
Puding stroberi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selai biasanya digunakan hanya untuk memberi rasa makanan atau pelengkap sepotong roti. Kali ini, selai bisa menjadi bahan utama dalam memasak camilan manis nan lembut yaitu puding.

Chef Bara Pattiradjawane membagikan resep membuat pudding dengan memanfaatkan selai. Pemanfaatan selain ini pun dapat menjadi alternatif pengganti gula, yang sering kali mendominasi dalam olahan kudapan.

Cukup siapkan satu bungkus agar-agar tanpa rasa, 50 gram susu, 20 buah stroberi, dan 350 gram selai stroberi. Untuk membuat tambah sehat, pemilik akun @barasupercook menyarankan untuk menggunakan susu kental skim rendah dan selai stroberi rendah gula.

Sebelum memulai memasak, penulis buku 99 Resep dari Dapur Saya ini mengingatkan untuk mencuci buah stroberi terlebih dahulu. Untuk mencucinya pun tidak sembarangan, ada cara khusus yang biasa dia lakukan.

"Sebelum dipetik daun hijaunya, sebaiknya direndam dalam air matang terlebih dahulu ya," ujar Chef Bara sambil menekankan, untuk menggunakan air matang suhu normal, tidak perlu air hangat.

Setelah direndam dalam air matang beberapa menit, bilas stroberi tersebut dengan air bersih. Mengapa perlu dilakukan? Sebab, ketika dicermati, stroberi memiliki bulu-bulu tipis yang mengelilinginya, ketika tidak dibersihkan sering kali membuat tenggorokan gatal saat dimakan.

Penulis buku Catatan Dari Balik Dapur Si Tukang Masak ini pun mengingatkan, untuk melakukan proses tersebut sebelum buah dipotong. Hal ini menghindari nutrisi yang hilang dari kandungan buah tersebut.

Stroberi yang telah dipotong, taruh dalam sebuah cetakan puding. Setelah persiapan stroberi selesai, masak agar-agar tanpa rasa di dalam air sebanyak 900 mililiter. Masukan susu dan selai ke dalamnya, aduk semua bahan agar menyatu. Terus aduk bahan tersebut hingga mendidih.

Tuang adonan dalam cetakan yang telah terdapat buah stroberi. Diamkan hingga suhu menurun, kemudian masukkan dalam kulkas hingga dingin dan siap untuk disantap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement