Kamis 19 Jan 2017 07:21 WIB

Paul McCartney Gugat Sony untuk Rebut Kembali Lagu The Beatles

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Paul McCartney
Foto: Reuters
Paul McCartney

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Paul McCartney menggugat Sony/ATV Music Publishing untuk merebut kembali lagu-lagu The Beatles. Gugatan itu dilayangkan pada Rabu (18/1).

"Paul McCartney hari ini mengajukan gugatan di pengadilan federal di New York melawan Sony/ATV untuk mengonfirmasi kepemilikan hak cipta di Amerika Serikat," kata juru bicara McCartney dalam sebuah pernyataan dikutip dari EW, Kamis (19/1).

Gugatan tersebut diajukan ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat di bagian Distrik Selatan Kota New York dengan nomor kasus 17cv363. Dalam gugatan tersebut diberikan alasan jika Paul merupakan penulis lagu bersama John Lenon. Selain itu lagu-lagu itu merupakan hasil rekaman yang dilakukan The Beatles.

Perwakilan Paul mengatakan jika pemberitahuan pemberhentian kerja sama dengan Sony/ATV Music Publishing sudah dimulai sejak 2008. Dalam surat itu Paul berjuang memperoleh kembali hak lagu-lagu seperti "I Wanna Hold Your Hand," "Love Me Do", "Across the Universe " dan beberapa lagu hit lainnya pada 2018.

Dalam gugatan itu dinyatakan, jika Sony tidak pernah membantah berbagai pemberitahuan pemutusan. Namun, belum mengakui untuk menyerahkan hak untuk penyanyi berusia 74 tahun. Paul memang sudah kehilangan hak untuk lagu-lagu The Beatles sejak 1980 setelah Michael Jackson membeli hak penerbitan ATV. Pada tahun lalu hak itu sudah dijual pada Sony dengan nilai 750 juta dolar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement