Rabu 18 Jan 2017 16:53 WIB

7 Museum yang Wajib Dikunjungi di Jawa Tengah

Rep: Des/ Red: Andi Nur Aminah
Museum Kereta Api Ambarawa, Semarang
Foto: Republika/Agung Suprianto
Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito

Letaknya tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani, tepatnya di Jalan Abdul Rahman Saleh No 1. Yang menarik dari museum ini terdiri atas empat gedung yang masing-masing gedung menyimpan koleksi yang berbeda. Di Gedung A bisa mempelajari sistem pembagian zaman yang pernah ada di bumi. Ada koleksi bebatuan, meteorit, bebatuan mineral hingga batu mulia.

Pada lantai 2 Gedung A ini kita bisa belajar tentang Paleontologi, yaitu bukti-bukti sejarah terkait dengan kehidupan di zaman purba. Ada berbagai fosil yang berasal dari zaman purba sehingga kita bisa tahu kehidupan di masa lalu.

 

Adapun di gedung berikutnya, berturut-turut di Gedung B tersimpan peninggalan yang berkaitan dengan peradaban manusia, seperti peninggalan khas zaman Hindu, Budha, dan masa-masa Islam masuk ke Pulau Jawa. Sedangkan di Gedung C kita bisa melihat koleksi sejarah yang berkaitan dengan persenjataan.

Bisa ditebak kalau ruangan ini akan memamerkan sejarah perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia di masa lalu. Dan yang terakhir Gedung D akan menambah wacana kita seputar pembangunan, numismatik, heraldik, tradisi nusantara, ruang intisari dan hibah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement