Kamis 15 Dec 2016 17:53 WIB

Manfaat Besar Menari dan Menyanyi Bagi Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak sedang menari bersama.
Foto: ist
Anak sedang menari bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menari dan menyanyi bersama anak bisa dijadikan kegiatan berkualitas orang tua bersama buah hatinya. Tak hanya sanggup meningkatkan keakraban, ada banyak manfaat dari kegiatan ini.

Psikolog Roslina Verauli menambahkan banyak manfaat yang bisa dihadirkan oleh musik dan tari. Dengan bermusik dan menari, khususnya antara orang tua dan anak, perkembangan kemampuan komunikasi timbal balik dan berbahasa pada anak semakin berkembang.

Termasuk kemampuan empati sebagai salah satu ciri kompetensi emosional yang berperan besar bagi kemampuan keterampilan sosial, seperti kemampuan bekerja sama dan menolong orang lain kelak.

Sementara kegiatan menari sebagai salah satu kegiatan yang melibatkan gerakan terkoordinasi dapat merangsang hormon neurotrophins, yakni zat alami yang merangsang pertumbuhan sel saraf dan meningkatkan koneksi saraf pada otak. Hormon ini menjadikan anak siap untuk belajar dalam pengertian mudah menerima stimulasi yang diberikan oleh orang tua dan lingkungan.

Menari merupakan salah satu bentuk stimulasi agar anak cepat tanggap lewat gerakan yang menarik perhatian serta mudah ditiru. Sekaligus rasa peduli karena anak diajak untuk menghadiahkan tarian tersebut untuk orang yang mereka sayangi. Menari bersama anak juga dapat menjadi waktu berkualitas bagi ibu dan anak untuk menjalin kedekatan emosional dengan suasana yang menyenangkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement