Ahad 04 Dec 2016 06:06 WIB

Ingin Anak Percaya Diri? Orang Tua Harus Lakukan Ini

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Anak-anak bermain dipemukiman, Jakarta, Senin (18/7).
Foto: Republika/Prayogi
Ibu dan anak memasak di dapur

Buka pintu untuk pengalaman baru

Pickhardt mengatakan orang tua memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan eksposur kehidupan dan pengalaman. Sehingga anak dapat mengembangkan kepercayaan diri dalam menghadapi dunia yang lebih besar.

Ajarkan mereka sesuatu yang memang orang tua bisa melakukannya

Ajarkan anak mengenai cara berpikir, bertindak, dan berbicara dengan baik. Hanya saja orang tua harus mengajarkan hal tersebut dengan memberikan contoh yang baik sehingga bisa menjadi pantutan bagi anak.

Jangan memberitahu anak mengenai kekhawatirang orang tua

Orang tua khawatir sering diartikan oleh anak sebagai mosi tidak percaya. “Dengan mengungkapkan keyakinan orang tua akan menimbulkan rasa percaya diri anak," kata Pickhardt.

Pujilah anak saat menghadapi kesulitan

Hidup sering kali tidak adil dan sulit namun setiap anak harus bisa belajar dari apa yang dilalui. Ketika anak menghadapi kesulitan, kata Pickhardt, orang tua harus menunjukkan bagaimana kesulita tersebut akan meningkatkan ketahanan mereka.

Tawarkan bantuan dan dukungan tapi tidak terlalu banyak

Memberikan terlalu banyak bantuan dapat mengurangi kemampuan anak untuk menolong diri sendiri. “Orang tua yang selalu memberikan bantuan akan membuat anak selalu bergantung. Terlebih lagi anak pertama harus bisa membangun rasa percaya diri,” kata Pickhardt.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement