Selasa 08 Nov 2016 13:04 WIB

Ingin Tidur Nyenyak? Singkirkan 8 Item Ini dari Kamar Tidur

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Tidur
Foto: pixabay
Tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda tipikal orang yang sulit tidur di malam hari, banyak hal bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas istirahat Anda. Ada setidaknya delapan item yang perlu disingkirkan dari kamar tidur Anda, atau setidaknya menaruhnya di ruang tamu atau ruang kerja, dilansir dari Womanitely.

Gadget

Setiap orang mencintai ponsel, laptop, atau komputernya. Jika sudah memasuki waktu istirahat, singkirkan berbagai perangkat gadget dari kasur Anda.

Kabel pengisi daya

Bisa jadi baterai ponsel Anda akan habis, sehingga membutuhkan kabel pengisi daya (charger). Singkirkan kabel-kabel pengisi daya ponsel dan laptop dari colokan listrik kamar Anda. Itu hanya akan menggoda Anda untuk menghubungkan keduanya.

Majalah, buku, dan novel

Membaca sebelum tidur memang sangat membantu jika Anda memiliki insomnia. Namun, jika Anda menyingkirkannya dari kamar, Anda bisa tidur lebih baik. Anda bisa menyumbangkan buku-buku Anda ke perpustakaan atau rumah baca lokal, atau setidaknya merapikannya di ruangan terpisah.

Kasur usang

National Sleep Foundation di Inggris menyebutkan bahwa kasur usang adalah salah satu penyebab sakit punggung. Kasur yang kendor menimbulkan ketidaknyamanan dan mengurangi kualitas tidur Anda. Berinvestasilah pada kasur berkualitas tinggi atau memperbaiki kasur lama supaya lebih nyaman ditiduri. Waktu istirahat adalah salah satu waktu paling beharga dalam hidup Anda.

Bantal usang

Kapan terakhir kali Anda mengganti bantal Anda? Lima tahun lalu? 10 tahun lalu atau 15 tahun lalu? Bantal usang juga membuat tidur tidak nyenyak, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala dan leher. Seperti halnya kasur, bantal juga perlu diganti yang baru jika sudah usang.

Selimut berat

Anda mungkin suka berselimut di malam hari, apalagi memasuki musim dingin. Selimut yang baik adalah selimut ringan, bukan tebal. Selimut tebal meningkatkan suhu tubuh dan membuat Anda cepat berkeringat dan akhirnya terbangun karena tidur tak nyenyak. Anda bisa memakai piyama hangat terlebih dahulu dan cukup mengenakan selimut tipis.

Hewan peliharaan

Anda tak harus menaruh hewan peliharaan Anda ke tempat sampah di malam hari, tapi setidaknya singkirkan mereka dari kamar tidur Anda. Tidur dengan hewan peliharaan semalam suntuk adalah kesalahan besar. Mereka bisa terus mengajak Anda bermain, plus mereka bangun pagi sekali.

Make up kedaluwarsa

Periksa tas make up Anda dan buang segala perlengkapan rias yang sudah memasuki tanggal kedaluwarsa. Make up yang sudah melebihi masa pakai menyebarkan bakteri berbahaya. Ini bisa mengurangi kualitas tidur, apalagi jika kasur Anda berdekatan dengan meja rias.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement