Kamis 03 Nov 2016 11:39 WIB

Tips Menyimpan Saus Sambal Agar Rasanya Tetap Enak

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Chef Bara Pattiradjawane
Foto: dok ABC
Chef Bara Pattiradjawane

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia sangat dikenal akan keberagaman makanan dari seluruh daerah Indonesia. Cita rasa setiap makanan dari daerah pun memiliki keunikan tersendiri.

Di antara perbedaan tersebut, selera masyarakat Indonesia ternyata hampir sama. Hampir semua masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas. Oleh karena itu, wajar penjualan saus sambal botolan di Indonesia cukup tinggi.

Untuk tetap terasa kelezatan dan tahan lama, tentu diperlukan sejumlah trik yang perlu dilakukan. Mengenai hal ini, Chef Bara Pattiradjawane pun mengutarakan sejumlah tips yang bisa dilakukan masyarakat. Terlebih lagi pada saus yang telah dibuka dan terkontaminasi oksigen.

Pertama, dia melanjutkan, usahakan tidak menyimpan saus botolan di sekitar kompor. “Termasuk di wilayah yang terpapar cahaya matahari secara langsung,” kata Chef Bara saat Peluncuran ‘Tantangan Sambal ABC’ di Restoran Tesate, Jakarta, Rabu (2/11). Menurut dia, hal ini akan menyebar rasa saus sehingga tak lezat lagi.

Chef Bara menyarankan, masyarakat untuk menyimpan saus botolan di lemari. Atau, bisa juga disimpan di kulkas agar tahan lama. “Intinya simpan di tempat yang sejuk,” tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement