Selasa 25 Oct 2016 05:18 WIB

Indahnya Republik Ceska, Negeri Seribu Menara

Salah satu sudut Kota Praha.
Petrin Tower.

Petrin Hill

Sesuai namanya, Petrin Hill berada di sebuah bukit yang lokasinya masih di sekitar pusat Kota Praha. Persisnya di sisi kiri Sungai Vlatva yang masuk bagian Lesser Town. Saya dan rekan berjalan kaki untuk menaiki bukit yang dipenuhi pepohonan besar yang rindang ini.

Dari Bukit Petrin, beberapa objek wisata di Praha dapat terlihat jelas, seperti Kastil Praha dan Jembatan Charles. Bukit dengan ketinggian 318 meter ini terdiri area taman dan dinding bernama Hunger Wall, yang dulu fungsinya sebagai benteng. Tentu tidak lengkap ke sini kalau tidak menikmati pemandangan dari Petrin Tower.

Menurut masyarakat setempat, Menara Petrin dibuat selayaknya Menara Eiffel mini. Bentuknya dibikin seperti Menara Eiffel di Paris. Wisatawan perlu membeli tiket untuk bisa naik lift berkapasitas maksimal enam orang untuk bisa sampai di puncak menara setinggi 63,5 meter. Mau mencoba naik secara gratis? Wisatawan hanya perlu menaiki 299 anak tinggi kalau sanggup demi bisa melihat pemandangan Kota Praha dari segala penjuru.

Berada di puncak menara yang dibangun pada 1891 ini, seperti memberikan sensasi tersendiri. Karena ketika berada di atas, menara seolah bergoyang, entah karena banyaknya wisatawan yang berada di puncak atau efek tiupan angin yang berembus cukup kencang. Saya tidak lupa mengabadikan diri ketika sampai di puncak menara.

Selain itu, kunjungan ke Wallenstein Palace yang merupakan istana bergaya baroque juga tidak kalah menarik. Istana yang berada di bawah Kastil Praha memiliki taman dan kolam ikan yang luas nan indah. Saya menyempatkan diri berfoto dengan burung merak yang dibiarkan berkeliaran di antara wisatawan. Saat ini, istana yang memiliki nama lokal Valdstejnsky Palac ini dijadikan sebagai kantor Senat Republik Ceska, semacam Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Indonesia.

Masih banyak tempat wisata lain di Kota Praha yang saya kunjungi. Belum lagi di Kota Kutna Hora dan Cesky Krumlov. Namun, sepertinya perlu diulas di bagian lain…

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement