Ahad 09 Oct 2016 19:34 WIB

Cara Mudah Masak Semur Ayam Ala Korsel, Andong Jjimdak

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Andong Jjimdak, salah satu kuliner Korea
Foto: Wikipedia
Andong Jjimdak, salah satu kuliner Korea

REPUBLIKA.CO.ID, Chef Yoon Ji Yeon mencoba berbagi resep makanan Korea lainnya dalam acara K-Content Expo KOCCA 2016. Setelah Japchae dan Kimbab, chef asli Korea Selatan kini mengungkapkan, makanan khas lainnya, yakni Andong Jjimdak. “Itu rasanya seperti semur ayam di Indonesia,” kata Yoon Ji Yeon di ICE BSD Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (8/10).

Kata andong ini berasal dari nama salah satu kota di Korea Selatan. Dengan kata lain, makanan ini berasal dari kota tersebut yang kemudian terkenal dan dinikmati banyak orang di seluruh Korea Selatan.

Makanan Korea pada dasarnya tidak menggunakan banyak bumbu seperti Indonesia. Andong Jjimdak sendiri hanya membutuhkan, beberapa potong ayam (sesuai selera), suun Korea Selatan (Dangmyeon), daun bawang, potongan bawang bombay, wortel, kentang, cabai merah dan hijau. Kemudian cincangan bawang putih, kecap asin, gula, garam, gula cair, kecap asin dan bubuk cabai.

Mula-mula, rebus potongan ayam ke dalam air hingga matang sekitar 70 persen. Lalu tuangkan kecap asin sekitar satu setengah gelas yang berukuran 10 centimeter. Tunggu sampai mendidih yang kemudian disusul dengan campuran setengah gelas gula cair, garam dan gula secukupnya. “Tunggu sebentar lalu masukkan cincangan bawang putih,” kata dia.

Setelah terasa aroma sedapnya, masukkan bubuk cabai lalu aduk rata. Langkah selanjutnya, campurkan potongan sayuran yang sebelumnya telah disiapkan. Tunggu sebentar sampai agak empuk lalu masukkan suun Korea Selatan sampai merekah. Tunggu sebentar lalu angkat dan sajikan.

 “Masakan ini biasanya menghabiskan waktu sampai satu jam dan akan lebih enak jika dinikmati selagi hangat,” tambah dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement