Kamis 29 Sep 2016 16:31 WIB

5 Pusat Keuangan Terbaru di Negara Berkembang

Kota Dubai, ilustrasi
Makati, Filipina

Filipina, Makati

Di Kawasan Asia, Filipina rupanya sudah menjadi pusat bisnis yang paling penting. Kota Makati menjadi tempat utama perkembangan keuangan yang semakin penting. Makati adalah rumah bagi markas bank terbesar di negara itu dan lantai bursa utama Philipine Stock Exchange. Kota ini juga menawarkan konsentrasi tertinggi bagi perusahaan lokal dan juga multinasional, ditambah lagi dengan bank-bank besar di Makati menjadi Central Bussiness District.

Mexico City, Meksiko

Negara yang berada di kawasan Amerika ini sepertinya bukan Negara yang asing lagi di telinga kita. Negara yang terkenal dengan Telenovelanya ini juga merupakan pusat perkembangan keuangan yang memiliki pengaruh global. Pada tahun 2014 lalu, Mexico City memiliki 62 proyek investasi Greenfield senilai 2,243 juta dolar AS yang dibangun. Di negara ini juga telah banyak terjadi proses Urbanisasi secara cepat, fokus Meksiko telah bergeser dari pertanian menjadi industro. Saat ini juga semakin banyak saja para investor yang memiliki property asing.

Chittagong, Bangladesh

Salah satu pusat komersial di wilayah Bangladesh ini juga telah berkembang menjadi pusat keuangan internasional. Bursa efek di Chittagong kabarnya memiliki 700 perusahaan yang terdaftar. Perusahaan besar dan terkenal di Bangladesh juga berbasis di Chittagong. Lokasinya juga sangat strategis, dekat dengan Myanmar dan juga India. Lokasi tersebut menjadikan Chittagong wajib menjadi pertimbangan bagi penyedia jasa keuangan internasional.

Sebuah Negara Memerlukan Persiapan Untuk Menjadi Pusat Keuangan Terbaru

Tidak mudah untuk menjadi negara yang menjadi pusat keuangan, karena untuk mewujudkannya sebuah Negara memerlukan persiapan khusus terutama dalam bidang ekonomi dan politik. Negara tersebut harus memperhitungkan pasar yang belum matang, dalam artian pasar yang belum siap dengan perekonomian yang berkembang, serta tantangan politik yang cukup tinggi, agar tercipta peluang yang besar untuk menjadi pusat keuangan terbaru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement