Sabtu 25 May 2024 19:29 WIB

Jangan Cuma Rebahan, Aktif Bergerak Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

Semua jenis aktivitas fisik dapat membantu tetap sehat secara mental.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Bergerak lebih banyak adalah cara sederhana namun ampuh untuk menjaga kesehatan mental. (ilustrasi)
Foto: www.wikimedia.com
Bergerak lebih banyak adalah cara sederhana namun ampuh untuk menjaga kesehatan mental. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dorongan untuk hidup lebih aktif guna memberikan manfaat bagi kesejahteraan fisik dan mental sudah banyak disampaikan oleh pakar kesehatan. Banyak bergerak memang bisa meningkatkan kondisi kesehatan mental seseorang.

Dikutip dari laman Bailiwick Express, Sabtu (25/5/2024), banyak bergerak yang dimaksud bukan hanya olahraga dengan intensitas tinggi. Bisa juga dengan olahraga ringan seperti jalan kaki dan bersepeda, atau aktivitas sehari-hari yang melibatkan banyak bergerak.

Baca Juga

"Bergerak lebih banyak adalah cara sederhana namun ampuh untuk menjaga kesehatan mental. Semua jenis aktivitas fisik dapat membantu tetap sehat secara mental dan menangani tantangan hidup dengan lebih baik," kata Amanda Hibbs dari Guernsey Mind.

Hibbs menyoroti bahwa kuncinya adalah menemukan aktivitas yang disukai dan terus bergerak secara rutin. Jangan ragu melakukannya bersama pasangan, keluarga, atau teman komunitas bisa menambah keseruan dari aktivitas tersebut.

Nicky Will dari Guernsey Sports Commission mengatakan ada banyak komunitas olahraga yang dinamis untuk dipilih. Begitu juga sesi inklusif untuk segala usia dan kemampuan untuk memastikan semua orang dapat berpartisipasi. "Bagi pemula, ini adalah peluang bagus untuk mencoba sesuatu yang baru," ungkap Will.

Bahkan, tidak melulu melakukan olahraga, tapi juga hobi seperti menari atau bermain gim di luar ruang. Yang penting, aktivitas yang dipilih membuat tubuh bergerak, dan tentunya dengan cara menyenangkan. Begitu juga memilih pergi ke sekolah atau tempat kerja dengan berjalan kaki atau naik transportasi umum.

Alex Costen dari Health Improvement Commission mengatakan perjalanan aktif adalah solusi yang saling menguntungkan. "Itu baik untuk kesehatan Anda, baik untuk lingkungan, dan bahkan dapat menghemat uang Anda. Kami menantang semua orang untuk melihat berapa banyak perjalanan singkat yang dapat mereka lakukan dengan berjalan kaki atau bersepeda," kata Costen.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement