Sabtu 25 May 2024 19:43 WIB

Lima Cara Tangani FOMO Menurut Pakar

Alihkan fokus pada hal lain dan tidak usah kecewa saat tidak update.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Fear of missing out (ilustrasi). Ini cara agar tidak FOMO.
Foto: Freepik
Fear of missing out (ilustrasi). Ini cara agar tidak FOMO.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada era di mana banyak orang terobsesi dengan media sosial, istilah fear of missing out (FOMO) jadi cukup mengemuka. FOMO merupakan rasa takut ketinggalan atau tidak mengetahui peristiwa, informasi, atau pengalaman tertentu.

Meskipun mengalami FOMO adalah hal yang normal dan valid, hal ini juga dapat berdampak negatif pada harga diri dan kebahagiaan. Apalagi, jika FOMO dialami terus-menerus. Berikut cara menangani FOMO yang disampaikan para pakar, dikutip dari laman Huffington Post, Sabtu (25/5/2024). 

Baca Juga

1. Mengubah pola pikir 

Psikoterapis berlisensi Erica Basso menyarankan untuk menyesuaikan pola pikir saat FOMO melanda. Daripada berfokus pada pengalaman yang hilang, pertimbangkan apa yang mungkin diperoleh dalam jangka waktu yang sama. 

Misalnya, jika melewatkan sebuah acara hit dan harus berdiam di rumah, pikirkan saja perawatan diri atau kegiatan menyenangkan lain yang bisa dilakukan. "Itu akan memberikan pencerahan untuk fokus pada hal positif," kata pendiri Erica Basso Therapy itu.

2. Menarik napas dalam-dalam

Saat FOMO membayangi, menarik napas dalam-dalam dapat memberikan rasa tenang. Terapis Israa Nasir sekaligus pendiri WellGuide mengatakan FOMO sering kali memicu respons stres tubuh, mengaktifkan sistem saraf simpatik, yang juga dikenal sebagai respons melawan-atau-lari. 

"Teknik pernapasan terfokus, seperti pernapasan diafragma dalam atau pernapasan kotak, dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab atas respons relaksasi tubuh," ungkap Nasir.

Untuk menetapkan batasan....

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement