Kamis 29 Sep 2016 16:31 WIB

5 Pusat Keuangan Terbaru di Negara Berkembang

Kota Dubai, ilustrasi
Kota Dubai, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Seiring berkembangnya teknologi dan perekonomian saat ini, muncul beberapa negara yang menjadi pusat perkembangan keuangan terbaru. Beberapa Negara ini biasanya memiliki sisi yang maksimal sebagai sebuah Negara. Dari berbagai sektornya, terutama sektor perekonomian, Negara terkait juga memiliki kemajuan yang pesat dibandingkan negara lainnya.

 

Sebuah negara yang bisa dijadikan pusat perkembangan keuangan baru ini haruslah negara yang memang membawa pengaruh besar terhadap sektor ekonomi dan politik dunia. Rupanya dari sekian banyak negara yang berada di kawasan Asia, Amerika dan Timur tengah ini terdapat  5 negara yang saat ini telah berubah menjadi pusat perkembangan keuangan. di negara tersebut, tidak akan sulit menemukan lembaga keuangan terbesar dan juga lembaga keuangan penting lainya yang berskala internasional.  

Negara  mana saja di kawasan Asia, Amerika, dan Timur tengah ini yang telah berkembang  menjadi pusat keuangan terbaru, berikut ulasannya.

Dubai

Dubai adalah salah satu kota besar yang ada di kawasan Uni Emirat Arab. Dubai rupanya sudah terkenal di kalangan para pelancong maupun di kalangan politik. Saat ini, kebanyakan orang yang tinggal di sana adalah warga Negara asing yang memiliki usaha, atau juga bekerja di perusahaan yang ada di dubai. Dalam kurun waktu yang singkat, kota besar ini mampu menjadi pusat keuangan terbaru di kawasan negara berkembang.

Bisa dibilang, Dubai saat ini adalah pusat keuangan yang berkembang di Timur Tengah. Jika anda pergi ke Dubai, akan terlihat pusat-pusat keuangan seperti Goldman Sachs dan JPMorgan Chase. Kota di tengah Middle East ini juga merupakan industri yang memiliki pengaruh besar dalam keuangan global. Dubai juga berhasil menempatkan  peta hukum perpajakan yang menarik, sistem  perbankan yang stabil serta lingkungan bisnis yang menguntungkan.

Doha, Qatar

Tidak terlalu jauh dari Dubai, ada Qatar yang beribu kota di Doha. kota ini biasanya cukup sering dikunjungi para wisatawan yang hendak melakukan transit di bandaranya yang terkenal, yaitu Hamad International Airport. Doha juga bisa dibilang salah satu kota  yang berpengaruh di kawasan Timur Tengah sebagai salah satu pusat keuangan yang bekembang. Semenjak harga minyak berfluktuasi , baik pemimpin negara UAE dan Qatar akan berfokus pada diversifikasi ekonomi lokal dalam rangka menghindari ketergantungan pada sektor minyak dan gas di negara tersebut. Akibatnya, sektor keuangan menjadi sorotan untuk menarik investasi international ke Timur Tengah.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement