Selasa 09 Aug 2016 09:09 WIB

Uniknya Bersantap di Kafe Vending Machine

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
VendCafe, tempat yang menjajakan makanan langsung dari vending machine di Singapura.
Foto: Straits Times
VendCafe, tempat yang menjajakan makanan langsung dari vending machine di Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Singapura kini memiliki kafe vending machine pertama bernama VendCafe. Gerai makanan unik itu menjual seluruh makanan dengan mesin penjual otomatis.

Bukan berarti konsumen hanya disuguhi makanan kemasan. Makanan panas bisa dipesan menggunakan mesin Chef-in-Box dengan beragam varian menu yang ditampilkan pada layar sentuh.

Menu pilihan seperti Chicken Bolognese, Vegetarian Rice Noodle, Yangzhou Brown Rice, dan Braised Chicken in Duo Olive Pronto Sauce bakal siap dalam tiga menit saja. Menu dengan kisaran harga 3,5 dolar Singapura sampai 5 dolar Singapura (Rp 35 ribu sampai Rp 49 ribu) bisa dibayar dengan uang tunai, uang elektronik atau kartu kredit.

Hal yang sama berlaku untuk makanan ringan seperti kue atau sandwich yang bisa dipesan menggunakan mesin penjual otomatis. Pada mesin minuman, terdapat sejumlah pilihan menu termasuk kopi dan jus jeruk.

Kafe yang berlokasi di bilangan Anchorvale Drive, Sengkang, itu dioperasikan oleh JR Vending, perusahaan produsen mesin Chef-in-Box. Proyek percontohan Spring Singapore dan Housing and Development Board (HDB) tersebut menargetkan konsumen masyarakat yang tinggal di radius 400 meter dari kafe.

Meski dipesan menggunakan mesin, semua hidangan di VendCafe diklaim tetap mempertahankan kesegaran, rasa, dan kualitas. CEO JR Grup Jocelyn Chng menyebutkan, pihaknya menerapkan teknologi blast-chilling pada semua hidangan yang dimasak oleh 60 koki di dapur pusat.

"Kami telah melakukan pengujian pada semua hidangan. Semua nutrisi dan vitamin tetap utuh tanpa bahan pengawet, zat aditif, atau penyedap apapun," ujar Chng, dilansir dari Malay Mail Online.

(baca: 4 Cara Ampuh Kontrol Nafsu Makan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement