Jumat 08 Jul 2016 00:10 WIB

Mencicipi Bakpao Telor Asin Ala Tegal

Rep: Kabul Astuti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bakpao telur asin
Foto: ROL/Santi Sopia
Bakpao telur asin

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Jalan-jalan ke daerah Tegal dan Brebes, tidak sempurna rasanya apabila tidak menjajal telor asin atau memborong bawang merah. Kedua kuliner itu menjadi ciri khas dua kota yang berada di Jalur Pantura tersebut. Pecinta telur asin sekarang bisa merasakan olahan baru dari telur asin dalam bentuk bakpao.

Olahan ini bisa Anda jumpai di toko oleh-oleh Telur Asin Madu "Idola" Jalan Diponegoro, Kota Tegal, Jawa Tengah. Pemudik yang sedang berburu oleh-oleh dapat mencoba opsi ini. Sembari menunggu kemacetan di jalur Pantura dan Tol Pejagan, tak ada salahnya bila berbelok sebentar untuk menikmati wisata kuliner Kota Tegal.

Olahan bakpao telor asin ini sebenarnya berawal dari upaya memanfaatkan telur asin yang pecah atau retak dalam proses pembuatan sehingga tidak dapat dijual sebagai telor bulat sempurna. Bahan bakpao sama seperti membuat bakpao original, hanya saja dikombinasikan dengan telor asin.

"Kalau telor pecah mentah, saya buat bakpao telur asin atau pepes telor asin," kata Owner Telor Asin Madu "Idola" Lanny Kusumawati kepada Republika.co.id, Kamis (7/7). Selain bakpao, kata dia, telur pecah diolah menjadi pepes ikan asin, atau dikirim ke rumah-rumah makan.

Lanny menerangkan, risiko kerusakan dalam proses pengasinan telor cukup tinggi. Pengasinan dilakukan dengan cara memendam telor di dalam abu selama 10-15 hari. Selama telor diasinkan kemudian direbus, dibakar, atau diasapi, ada risiko telor tersebut retak dan pecah.

Telor-telor itu tentu jadi kurang laik dijual meski secara kualitas masih baik. "Supaya tidak mubazir, semua terpakai, diolah jadi makanan lain," kata Lanny. Ide itu muncul dari kegemarannya mencicip aneka kuliner saat berjalan-jalan ke berbagai kota. Setelah merasakan rasa dan teksturnya, Lanny kemudian mencoba sendiri di dapur. Banyak pengunjung toko yang lantas penasaran mencoba.

Selain kedua jenis olahan tersebut, toko ini juga menyediakan telor asin dengan empat varian. Ada telor asin original, telor asin bakar, telor asin asap, dan telor asin asap bawang. Telor asin asap bawang merupakan kreasi baru yang juga laik dicoba. Teksturnya kering, sedikit beraroma gosong dengan rasa bawang putih.

Secara fasilitas, toko yang berlokasi di Jalan Diponegoro ini cukup laik dikunjungi. Ruangannya lebar dan lapang. Halaman parkir cukup luas sehingga dapat menampung banyak mobil atau bus dalam waktu bersamaan tanpa memakan ruang pedestrian.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement