Jumat 01 Jul 2016 15:14 WIB

Liburan ke Laskar Pelangi? Ini 10 Destinasi Keren di Belitung

Wisatawan menikmati keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kamis (10/3).   (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Suherdi Riki
Pantai Nyiur Melambai

Danau Kaolin

Danau Kaolin ini sebenarnya bukan tempat wisata umum, tetapi banyak fotografer yang ingin mengetahui potensi fotografi di sini, sehingga ada beberapa agen wisata yang menyediakan jasa paket wisata ke tempat wisata di Belitung ini. Kaolin adalah salah satu kekayaan tambang di pulau Belitung. Keindahan tempat ini merupakan perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih. Pemandangan di sini hampir sama dengan pemAndangan Kawah Putih di Bandung.

Pantai Penyabong

Pantai Penyabong adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Batu Lubang. Keindahan alam pantai ini hampir sama dengan keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, dengan gugusan batu granit yang bertebaran di tepi pantai. Bedanya, batu granit di pantai ini saling menyambung dan memanjang, menjorok ke arah laut sehingga membentuk seperti dermaga secara alami. Ombak di sini tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang, air pantai juga jernih dengan pasir putih yang lembut.

Museum Kata

Museum Kata Andrea Hirata adalah museum literatur pertama di Indonesia. Di sini, Anda bisa menyaksikan koleksi tentang film Laskar Pelangi. Anda bisa menemukan berbagai karya Andrea Hirata di museum ini. Ada sebuah cerpen khusus yang dibuat oleh Andrea Hirata yang tidak diterbitkan umum, dan hanya bisa Anda baca di sini.

Museum ini dibangun Andrea Hirata dengan tujuan untuk menginspirasi anak-anak dan remaja di desa Gantong, agar memgembangkan bakat seni mereka. Selain jejak Laskar Pelangi, di sini juga terdapat banyak sekali karya seni Andrea. Ada juga Warung Kupi Kuli yang merupakan sebuah gambaran keseharian kehidupan para penambang.

Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai ini adalah salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan, dan termasuk lokasi wisata terpopuler. Jika biasanya pantai dihiasi pohon kelapa, berbeda dengan Pantai Nyiur Melambai. Pantai ini ditumbuhi oleh pohon pinus di sekitarnya dengan pasir putih khas pantai Belitung. Garis pantai di sini panjang dan suasana di sini teduh. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini antara lain berenang, voli pantai, dan juga panjat tebing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement