Senin 13 Jun 2016 14:30 WIB

Ubi, Tren Baru Sarapan Pengganti Roti Panggang

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Ubi panggang dengan aneka topping, kini jadi tren mengantiikan roti
Foto: Dailymail
Ubi panggang dengan aneka topping, kini jadi tren mengantiikan roti

REPUBLIKA.CO.ID, Roti panggang merupakan opsi sarapan yang mudah dan disukai banyak orang. Akan tetapi, saat ini kepopuleran roti panggang sebagai menu sarapan mendapat 'saingan' yakni ubi.

Berawal dari pengalaman food blogger Kelsey dari Little Bits Of, ubi panggang mulai populer menjadi menu sarapan pengganti roti panggang. Mulanya, Kelsey terbangun di pagi hari dan ingin menyantap roti panggang dengan alpukat. Kelsey kemudian menyadari bahwa ia tak memiliki roti di rumahnya.

Bukannya pergi berbelanja roti, Kelsey justru mendapat ide yang cukup untuk mengenyangkan perutnya. Tanpa ragu, dia membelah ubi yang dimilikinya dengan ketebalan serupa roti tawar. Kelsey kemudian memanggang ubi tersebut hingga kecokelatan di dalam pemanggang roti dengan suhu tinggi selama empat menit.

"Aku tahu ini ide yang luar biasa dan meskipun menu ini tidak benar-benar membutuhkan resep, aku harus berbagi resep dengan kalian," tulis Kesley dalam blognya seperti dilansir Daily Mail.

Sebagai pengganti roti, Kesley mengatakan cita rasa ubi panggang sangat cocok disandingkan dengan berbagai topping asin atau pun manis. Salah satu topping favorit Kesley untuk melengkapi ubi panggangnya ialah alpukat. Kesley pun menambahkan mentega almond dan tuna pada potongan ubi panggangnya yang lain.

Sejak Kesley menuliskan pengalamannya menyantap sarapan ubi panggang, kepopuleran ubi panggang di internet pun tak tertahan. Hanya dalam waktu singkat, ratusan netizen yang mengunggah foto ubi panggang kreasi mereka sendiri melalui jejaring sosial Instagram.

Kreasi ubi panggang yang dibuat oleh para netizen pun sangat beragam, tidak terpaku pada resep yang diberikan Kesley. Para netizen mengombinasikan ubi panggang dengan berbagai topping asin mulai dari telur, keju leleh, hingga daging ham. Ada pula netizen yang mengkombinasikan ubi panggang mereka dengan topping manis seperti pisang, kayu manis, madu hingga selai cokelat.

Selain lezat, ubi panggang ini tergolong mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk disajikan. Mungkin Anda juga bisa mencobanya sebagai menu sahur atau berbuka selama Ramadhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement