Rabu 11 May 2016 08:59 WIB

Punya Anak Lelaki? Ajari Mereka Hormati Perempuan dengan Cara Ini

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Perbincangan ibu dan anak laki-laki/ilustrasi
Foto:
Anak balita menangis (ilustrasi).

Hindari mengabulkan semua permintaannya

Setiap ibu pasti mencintai anak laki-lakinya dan ingin selalu membuatnya tersenyum dan bahagia. Namun, mengabulkan semua keinginan anak laki-laki juga tak baik. Mereka bisa berpikir ibunya yang notabene perempuan bisa memberikan semua yang diinginkannya, serta memuaskan keinginannya. Anda perlu tahu kapan mengatakan tidak kepada putra Anda meski dia harus merengek dan menangis.

 

Jangan ceritakan keburukan ayahnya

Apakah Anda adalah wanita yang masih menikah atau bercerai? Tidak peduli status Anda, jangan pernah menceritakan sifat-sifat buruk seorang ayah pada anaknya. Anak harus menyadari bahwa perempuan menghormati laki-laki.

Cobalah untuk menghindari pertengkaran dengan suami saat anak Anda berada di rumah. Ingat, Anda adalah panutan bagi anak-anak. Biarkan dia mengerti dengan sendirinya jika memang ayahnya memiliki sifat buruk.

Diskusi hak-hak perempuan

Anda tak harus melakukan ini setiap hari, melainkan sesekali di waktu tepat dan secara terbuka. Mulailah dengan sejarah. Anak laki-laki harus tahu bagaimana perempuan berjuang untuk kesetaraan gender di abad 20-an.

Jika Anda mempunyai anak laki-laki yang beranjak remaja, dia perlu tahu bahwa banyak anak perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual dan perkosaan zaman sekarang. Membahas topik-topik terkait dengan anak laki-laki membantunya menghargai perempuan, tapi jangan sampai dia merasa bersalah karena menjadi laki-laki. Biarkan anak Anda tahu bahwa belum semua perempuan bisa hidup setara dengan laki-laki di dunia ini.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement