REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa tahun terakhir, Korea menjadi salah satu destinasi wisata yang amat diminati masyarakat Indonesia. Popularitas drama Korea, ditambah K-Pop, membuat banyak orang yang penasaran ingin berkunjung ke Negeri Ginseng.
Sebagai bagian dari upaya mendekatkan diri dengan masyarakat Indonesia, Korea Tourism Organization Jakarta (KTO Jakarta) menggelar Korea Festival yang diselenggarakan pada 8 hingga 10 April 2016 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Mengangkat tema musim semi, acara ini diharapkan dapat membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal budaya dan pariwisata Korea.
Director Overseas Department KTO, Kim Jin Hwal, mengatakan Korea Festival terbagi menjadi dua kategori besar, yaitu Enjoy Korea dan Experience Korea. Enjoy Korea akan diisi dengan pertunjukan Nonverbal Performance, Sachoom, The Painters Hero, atraksi Taekwondo, kompetisi K-Pop Cover Dance dan kompetisi seni memahat es (ice craving).
Sedangkan Experience Korea memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk dapat menikmati indahnya musim semi di Korea secara langsung dengan pembelian paket wisata. "Saya sudah melihat seperti apa antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Korea. Oleh karena itu, dalam festival ini kami datangkan langsung pengisi acara dari negeri kami, khusus memperkenalkan budaya Korea," kata Jin Hwal, Jumat (8/4), di Jakarta.
Melalui program "Visit Korea 2016-2018", lanjutnya, warga Indonesia diajak datang melihat beragam program terbaik, yang tersedia bagi wisatawan asing mulai dari fasilitas bandara, transportasi, hotel hingga kesempatan berbelanja bersama dengan bintang ternama Korea. Menurut Jin Hwal, ditargetkan pogram Visit Korea ini dapat membawa 20 juta wisatawan mancanegara ke Korea.