Kamis 03 Mar 2016 10:19 WIB

Mukbang, Siaran Makan Unik Korea yang Sedang Populer

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Mukbang adalah siaran dimana seseorang merekam dirinya yang sedang makan sambil berinteraksi dengan penontonnya.
Foto: youtube
Mukbang adalah siaran dimana seseorang merekam dirinya yang sedang makan sambil berinteraksi dengan penontonnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Belakangan ini dunia sedang diserang virus Korea. Segala hal yang berbau Korea akan selalu menjadi pembicaraan hangat, mulai dari musik, film, drama, mode, perawatan tubuh hingga kuliner. Namun, baru-baru ini ada yang beda dengan siaran dari Negara Ginseng ini, yakni Mukbang.

Mukbang adalah siaran dimana seseorang merekam dirinya yang sedang makan sambil berinteraksi dengan penontonnya. Mukbang biasanya disiarkan melalui webcast sehingga para penonton bisa streaming secara langsung via internet.

Pembawa acara Mukbang disebut dengan BJ (Broadcast Jockey). BJ akan makan dengan jumlah porsi yang banyak dan melaporkan langsung menu, cara makan dan rasa dari makanan yang dimakannya.

Mukbang berasal dari kombinasi bahasa Korea dari kata Muk dan Bang. ‘Muk’ diambil dari kata ‘Muj-ja’ yang berarti makan dan ‘Bang’ diambil dari kata ‘Bang-song" yang berarti siaran.

Yang membuat menarik acara ini adalah gaya BJ saat menyantap makanannya. Mereka akan mengunyah sangat keras dan menampilkan gestur yang membuat penontonnya meneteskan liur. Menu-menu yang dipilih pun dipilih berdasarkan respons penonton, seperti ramyeon, pizza, ayam goreng, jjajangmyeon dan tteokbokki.

Mukbang bisanya akan dilakukan saat malam hari. BJ akan duduk selama 2-3 jam tiap siaran. Selain melaporkan langsung aktivitas makan, BJ juga terkadang melaporkan cara membuat atau memasak makanan yang akan dimakannya yang disebut dengan ‘Cookbang’.

Dalam ‘Mukbang’, biasanya BJ akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan terkadang juga akan melakukan tantangan-tantangan dari penontonnya. BJ yang sering melakukan Mukbang akan mendapatkan penonton tetap dan akan selalu dinanti episode-episode Mukbang selanjutnya, dikutip dari Korea Portal.

(baca: Shaburi Buka Outlet Terbarunya di PIM 2)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement