Kamis 18 Feb 2016 10:28 WIB

Anak Remaja Mulai Hidup Mandiri? Kuasai Dulu 7 Hal Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Remaja mulai belajar memasak
Foto: Republika/Prayogi
Anak perempuan perlu aktif berolahraga karena manfaatnya yang sangat baik untuk perkembangan diri.

Kebiasaan sehat

Anak remaja perlu mulai memahami pentingnya tidur, berolahrag dan juga keseimbangan gizi. Meski terkesan sederhana, pemahaman akan kebiasaan hidup yang sehat akan menjadi hal yang krusial bagi anak remaja yang mulai hidup mandiri. 

Kurang tidur dan jarang berolahraga akan menyebabkan kesehatan anak terganggu saat di perantauan. Tak ada hal yng bisa dilakukan dengan baik ketika kondisi kesehatan menurun. Kebiasaan berolahraga juga dapat membantu anak yang tinggal sendiri untuk lebih pandai dalam mengelola emosi melalui olahraga ringan atau yoga bersama teman.

 

Kemampuan mengorganisasi

Biasanya, orang tua memiliki peran ganda sebagai 'jam waker' dan juga pengatur agenda anak. Akan lebih baik jika orang tua mulai membiasakan anak untuk mengatur sendiri waktunya sejak ia masih di bangku SMA. Dengan bangun sendiri hingga mengatur jadwal tugas dan kegiatan sendiri, anak akan lebih mudah untuk mengatur waktu mereka saat mulai hidup mandiri.

 

Menghadapi masalah

Saat hidup mandiri, anak akan dihadapkan dengan berbagai konflik yang harus ia hadapi dan atasi sendiri. Misalnya bermasalah dengan teman sekamar. Memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah sendiri akan membantu anak untuk bergerak maju dengan lebih cepat. Salah satu yang bisa diajarkan orang tua sebelum anak hidup mandiri ialah tidak menghindari masalah dan mau bersikap terbuka untuk menyelesaikan masalah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement