Selasa 18 Sep 2018 00:53 WIB

Pahami Hal Ini Saat Memutuskan Hidup Mandiri

Hidup mandiri menumbuhkan pribadi Anda.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi Wanita Kesepian
Foto: pixabay
Ilustrasi Wanita Kesepian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada masanya Anda ingin mandiri, meninggalkan rumah orang tua, tinggal di kos atau apartemen sendiri, mencari nafkah sendiri. Hidup Anda 100 persen sendiri. Perasaan pun menjadi campur aduk, kadang sepi, kadang bebas, kadang merasa bertanggung jawab, kadang santai, namun kadang penuh tekanan.

Hidup mandiri menumbuhkan pribadi Anda. Berikut hal-hal yang perlu dipahami ketika Anda memutuskan mandiri, dilansir dari Womanitely, Senin (17/9).

1. Bertanggung jawab atas diri sendiri

Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas sewa kamar, sewa rumah, atau sewa apartemen, berikut tagihan dan semua kewajiban pembayaran. Anda merasakan bagaimana menjadi orang dewasa.

2. Bebas mengatur pola makan

Anda tak bisa menyalahkan orang lain jika terjadi perubahan pada tubuh Anda. Anda bebas mengatur pola makan. Jika menerapkan gaya hidup sehat, Anda tetap bertubuh ideal dan jarang sakit. Jika tidak sehat, yang terjadi sebaliknya.

Ketika Anda mengisi lemari es sendiri dengan makanan aneka rupa, Anda mengatur sendiri jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Tidak ada pihak yang bisa disalahkan jika hal buruk terjadi pada Anda, kecuali diri sendiri.

3. Siap merasa kesepian

Seriang apapun pribadi seseorang, ada masanya Anda merasa kesepian saat hidup sendiri. Pengalaman ini memberi Anda pemahaman akan perlunya interaksi sosial sebagai manusia.

4. Bebas berekspresi

Anda bebas berekspresi di rumah sendiri. Anda bebas meletakkan benda di mana saja. Anda bebas memanfaatkan setiap ruang di kediaman Anda.

5. Memahami diri sendiri lebih baik

Hidup mandiri membuat Anda lebih memahami diri sendiri dengan baik, tanpa drama dan kebisingan keluarga atau teman sekamar. Meski hidup sendiri bukan pilihan semua orang, ini bisa menjadi pengalaman berharga dan setidaknya perlu Anda coba sekali dalam hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement