Rabu 10 Feb 2016 07:55 WIB

8 Keterampilan Hidup Penting Sebelum Remaja Kuliah

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Mahasiswa di kampus
Foto: wikipedia
Mahasiswa di kampus

REPUBLIKA.CO.ID, Memasuki perkuliahan menandakan anak telah selangkah lebih matang untuk terjun di tengah masyarakat. Sebelum memasuki bangku kuliah atau memasuki usia 18 tahun, ada baiknya anak telah dibekali dan menguasai delapan keterampilan hidup ini.

Mampu berbicara dengan orang asing

Memasuki gerbang kedewasaan, anak remaja akan 'dipaksa' untuk mulai bersosialisasi dengan orang baru di lingkup yang lebih luas. Sebut saja, dekan fakultas, pemilik kos, penjaga kasir toko, petugas bank, hingga teknisi dan sopir bus. Dengan lingkup perkuliahan yang lebih luas, anak remaja juga perlu edukasi yang cukup untuk membedakan mana orang asing yang baik dan orang asing yang mungkin berniat buruk.

Kemampuan berbicara dengan orang yang belum pernah dikenal sebelumnya juga akan membantu kehidupan anak remaja yang beranjak dewasa ini. Pasalnya, suatu saat anak remaja ini akan perlu pertolongan dari orang sekitarnya dan ia perlu mengetahui cara memulai percakapan yang sopan dan sesuai tata krama saat meminta pertolongan.

Mampu mencari lokasi sebuah tempat

Anak yang terbiasa diantar ke mana-mana oleh orang tua akan memiliki kesulitan untuk berpergian sendiri ketika beranjak dewasa. Oleh karena itu, sebelum memasuki dunia perkuliahan atau terjun ke masyarakat, anak perlu diajari kemandirian dalam mengakses suatu tempat. Dengan mengetahui jalur-jalur jalanan dan rute angkutan umum, anak remaja yang baru belajar hidup mandiri sebagai mahasiswa ini tidak akan menemui kesulitan berarti ketika mencari lokasi tempat magang hingga saat berkuliah di luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement