Ahad 14 Feb 2016 06:14 WIB

Berkenalan dengan Istana Mysore Termegah di India

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Istana Mysore
Foto: Amusingplanet
Istana Mysore

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istana Mysore terletak di Kota Mysore di Kartanaka, India. Ini adalah salah satu bangunan termegah di Negeri Mahabarata tersebut.

Istana Mysore awalnya dibangun pada abad ke-14. Bangunan ini sempat dihancukan dan dipugar kembali beberapa kali.

Terakhir kalinya pada 1897, keluarga kerajaan menugaskan seorang arsitek Inggris, Lord Henry Irwin untuk membangun istana yang baru yang berdiri hingga saat ini.

Dilansir dari Amusing Planet, belum lama ini, istana terbaru akan selesai dibangun pada 1912. Mysore dibuka untuk umum sebagai salah satu destinasi wanita favorit di negara bagian India tersebut.

Pengunjung bisa melihat berbagai koleksi patung, lukisan, artefak, juga persenjataan milik Sang Maharaja yang terdiri dari tombak, pedang pende, pistol, dan jenis-jenis senjata abad ke-14 lainnya. Benda-benda terkenal lainnya adalah patung gajah kayu yang dihiasi 84 kilogram emas.

Salah satu atraksi wisata populer adalah Festival Mysore Dasara yang digelar pada September dan Oktober. Istana ini menjadi titik pusat penyelenggaraannya. Sebuah panggung didirikan untk berbagai atraksi budaya, khususnya tarian dan lagu.

Lampu-lampu yang menghiasi istana ini tetap menyala selama dua bulan, khususnya diakhir pekan dan hari libur. Tradisi ini masih berjalan sejak zaman the Wodeyars hingga sekarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement