Sabtu 06 Feb 2016 12:17 WIB

8 Pola Asuh yang Perlu Dihindari Orang Tua

Rep: C27/ Red: Ilham
Tampak seorang ibu dan anak perempuannya.
Foto:

Melarang tanpa negosiasi

Penggunaan kata 'tidak' pada anak tidak boleh sewenang-wenang dilakukan orang tua. Jika perlu, orang tua perlu menghindari penggunaan kata tidak kepada anak-anak.

Sebaiknya orang tua lebih memberikan penjelasan dan inisiatif lain untuk sesuatu hal yang dikira tidak baik dilakukan anak-anak. Jangan langsung larang mereka tanpa ada alasan dan alternatif lain yang harus dilakukan

"Ini memberikan anak-anak Anda kesempatan untuk mencoba untuk menghasilkan argumen yang logis, mereka merasa seperti memiliki masukan dalam hidup mereka, dan mereka lebih mungkin untuk datang kepada Anda, bukannya pergi di belakang punggung Anda," kata  salah satu orang tua yang berkomentar di //Reddit// dikutip dari Independen, Sabtu (6/2).

Sterotip Gender

Jangan melarang anak hanya karena mereka tidak pantas melakukan itu karena jenis kelaminnya. Anak perlu diberikan kebebasan untuk menetukan pilihan kegiatannya sepanjang tidak menyimpang, bukan dilarang dengan keras.

Biarkan anak-anak tahu jika orang tua mereka selalu mendukung pilihan yang mereka tentukan. Dan bisa menuntut jalan mereka mendalami minat yang ingin dicoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement