Kamis 21 Jan 2016 16:49 WIB

Mencari Makanan Halal di Korea? Ini Tipsnya

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Makanan berbahan sayur haemul pajeon, atau bakwan sayur, bisa jadi pilihan makanan halal saat ke Korea.
Foto: wikimedia
Makanan berbahan sayur haemul pajeon, atau bakwan sayur, bisa jadi pilihan makanan halal saat ke Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, Liburan ke Korea kini makin diminati, berbelanja sekaligus melihat tempat-tempat wisata menjadi tujuan utama. Selama di Korea pelancong tentu butuh makan. Masalahnya, tidak semua tempat menyajikan menu yang halal.

Makanan halal namun tak sulit dicari jika ke Seoul. Di kawasan Itaewon yang berjarak hanya 3 km dari Seoul ada banyak restoran yang menjual makanan halal. Warga Itaewon sebagian besar merupakan Muslim. Hingga makanan halal banyak di sini.

Namun jika terjebak di Korea dan tidak bisa menemukan makanan halal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Label halal

Pelancong pasti sudah tidak asing lagi kan degan label yang ini. Ya, jika ingin makan makanan yang halal langkah yang harusdiambil yaitu mencari label halal ini. Di restoran ini sudah pasti dijamin kehalalannya.

Restoran vegetarian

Daripada pusing mencari label halal, langkah yang lebih mudah yaitu mencari restoran yang berlabel vegetarian. Dijamin tidak ada unsur daging babi dan alkohol, karena makanan yang ada di restoran ini adalah sayuran.

(baca juga: Meski Kurang Menarik, 5 Makanan Ini Menyehatkan Lho)

Restoran seafood

Ada beberapa makanan berbasis hidangan laut Korea yang aman bagi pelancong Muslim. Misalnya, saengseon jeon makanan berbahan utama ikan.

Kemudian haemul pajeon. Haemul pajeon mirip dengan bakwan, hanya saja bumbunya yang berbeda. Makanan ini terbuat dari beberapa seafood dan tidak menggunakan tambahan daging babi ataupun alkohol. Jadi halal untuk dimakan.

Masih ada saengseon gui, ikan goreng yang ditambahkan sedikit garam. Juga sundubu jjigae dengan bahan utama tahu dan kerang.

Restoran cepat saji

Yang lebih mudah lagi adalah mendatangi gerai cepat saji seperti KFC, Lotteria atau Pizza hut di saat lapar sudah melanda. Beruntungnya di restoran ini menjual makanan seafood atau sayuran. Di sana bisa membeli kentang goreng, burger daging ikan atau udang, atau pizza sayuran, dikutip dari laman Muslim Backpacker Seoul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement