Rabu 20 Jan 2016 15:09 WIB

Ibu Baru Paksa Diri Bandingkan Tubuh Sebelum Melahirkan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan bayinya
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ibu dan bayinya

REPUBLIKA.CO.ID, Selulit hingga payudara kendur mungkin menjadi masalah bagi sebagian besar perempuan usai melahirkan. Selama sembilan bulan lama tubuh wanita dipersiapkan untuk menerima kehadiran calon bayi.

Ketika air ketuban pecah dan bayi lahir ke dunia, tiba-tiba hidup seperti berubah selamanya. Jika tidak begitu senang dengan apa yang Anda lihat di cermin hari ini, tenanglah, Anda tidak sendirian. Namun bukan berarti Anda tidak bisa belajar mencintai apa yang dimiliki saat ini.

Sebagai ibu baru, kehamilan pasti meninggalkan 'pertempuran' tersisa berupa beberapa garis di kulit. Pascamelahirkan, payudara disebut-sebut menjadi lebih penuh dan menggairahkan sehingga menggembirakan para ayah baru di mana-mana. Namun tidak semua selalu merasa begitu. Sebagian ada yang merasa payudaranya terlalu bengkak dan kadang menyakitkan selama menyusui. Bayi benar-benar membawa 'pekerjaan rumah' pada payudara Anda.

Payudara dan kulit kendur, kehadiran jerawat, dan rambut menipis merupakan pengalaman ibu baru.

Sebagian besar tubuh pascamelahirkan merupakan pergeseran hormonal. Jadi bagaimana sebaiknya cara berdamai dengan tubuh Anda? Pertama, beri waktu istirahat pada diri Anda sendiri.

(baca: Ini Kenapa Program Bayi Tabung Luar Negeri Lebih Diminati)

Anda mungkin pernah mendengar anjuran ini sebelumnya, namun agaknya masih harus diulang. Tubuh butuh waktu sembilan bulan untuk menyiapkan kehadiran bayi, termasuk dalam hal penyesuaian berat badan. Untuk itu Anda tidak bisa berharap berat badan Anda kembali normal seperti sebelum hamil dalam waktu semalam saja.

Dokter dan penulis 'The New Moms Survival Guide How to Reclaim Your Body, Your Health, Your Sanity, and Your Sex Life After Having a Baby', dr Jennifer Wider mengatakan setelah memiliki bayi, perempuan yang terlalu keras selalu memaksa diri membandingkan tubuh sebelum dan setelah melahirkan. "Kita selalu membandingkan diri dengan gambar yang dilihat di media. Mulai sekarang hiduplah dengan realistis," ujarnya seperti dilansir dari Yahoo Parenting, belum lama ini.

Mungkin ada beberapa teman Anda yang dengan sekejap mampu mengembalikan tubuh ke ukuran normal. Jangan iri melihatnya. Bersyukurlah. Apa yang Anda miliki sekarang adalah pengingat bahwa tubuh Anda telah melakukan sesuatu yang luar biasa. Anda harus cukup terkesan dengan diri sendiri.

Selulit adalah harga yang sangat kecil untuk membayar apa yang Anda peroleh saat ini, seorang anak. Tidak perlu menjadi seksi atau langsing untuk menjadi ibu yang hebat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement