Kamis 17 Dec 2015 10:47 WIB

Sedapnya Sambal Sundal yang Bebas Pengawet

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Sambal Sundal
Foto: C23
Sambal Sundal

REPUBLIKA.CO.ID, Bila Anda sedang mencari jenis-jenis sambal unik, cobalah buka akun Instagram @thesundal.id. Di sana Anda akan menemukan jenis-jenis sambal seperti sambal mangga, sambal teri, sambal kecap, sambal cibai, dan masih ada 10 jenis sambal lainnya.

Salah satu pemilik  merek Sambal Sundal, yakni Andrea Van Barthold mengatakan walaupun sambal yang dijualnya dikemas dalam botol, namun ia tak menggunakan bahan pengawet sama sekali. Untuk menjaga ketahahan sambal, Andrea biasa menerapkan cara-cara khusus pada proses pembuatan sambalnya.

"Misalnya untuk sambal cibai, kita campurkan agak banyak minyak untuk awetnya sambal. Kalau sambal mangga, biar tahan agak lama, biasanya Saya rendam dulu pakai air asin," jelasnya, beberapa waktu lalu.

Dengan cara seperti itu, sambal cibai, misalnya, bisa tahan hingga sepekan. Sedangkan sambal mangga, bisa awet dalam waktu empat hari.

Karena itu, Andrea mengaku tidak memproduksi ragam sambalnya bila memang belum ada yang memesan. "Begitu ada yang pesan, kita akan bikin sambalnya, lalu kirim," ujar dia.

Karena hal itu pula Andrea hanya menerima pemesanan dari mereka yang tinggal di sekitar Jakarta saja. Ia belum memikirkan untuk mengembangkan pengiriman sambal racikannya hingga ke luar kota.

(baca: Di Toko Jamu Ini, Anda Bisa Pesan Jamu Sesuai Kebutuhan)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement