Kamis 12 Nov 2015 08:12 WIB
Hari Ayah Nasional

Ayah Edy Sarankan Ini untuk Optimalkan Waktu dengan Anak

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
Foto: Republika On Line/Mardiah diah

REPUBLIKA.CO.ID, Kesibukan orang tua kadang tak terelakkan. Kehidupan kota besar membuat biaya hidup membumbung. Kemacetan yang kian parah mengurangi porsi waktu orang tua bersama buah hatinya.

Untuk mengoptimalkan waktu dalam pengasuhan anak, komunikasi ayah, ibu, dan anak ini sangat penting. Praktisi pendidikan anak, Edy Wiyono atau populer dengan nama Ayah Edy menganjurkan orang tua membuat agenda harian demi mengoptimalkan waktunya dengan anak.

"Kalau ingin tetap terkontrol dengan anak tapi kondisi berjauhan, maka harus dibuat agenda harian," ujar Ayah Edy pada Republika.co.id.

Agenda ini dibuat dari saat anak bangun tidur hingga tidur lagi. Sehingga orang tua tahu di mana anak, apa yang sedang dikerjakan anaknya, serta dengan siapa anak. Setelah itu tinggal ayah dan ibu yang bergantian membagi tugas untuk melakukan pengecekan.

"Nah, saat pulang, agenda tersebut dievaluasi, bagaimana sekolahnya, bagaimana lesnya, tadi ini bagaimana itu bagaimana," ujar Edy.

Sebelum bertanya Edy menyarankan orang tua melepas penatnya terlebih dulu saat tiba di rumah dari pekerjaannya. Efek capai, macet, lapar, bisa membuat orang tua lebih sensitif hingga mudah terpicu amarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement