Rabu 21 Oct 2015 09:39 WIB

Pemkab Kembangkan Wisata Bahari di Pulau Karimata

Salah satu obyek wisata di Pulau Karimata
Foto: antarafoto
Salah satu obyek wisata di Pulau Karimata

REPUBLIKA.CO.ID, SUKADANA, KALBAR -- Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat akan mengembangkan konsep pengembangan wisata bahari dalam mendongkrak PAD (pendapatan asli daerah) bagi kesejahteraan masyarakat di kabupaten itu.

"Kami telah menyatakan Kabupaten Kayong Utara membangun secara berkelanjutan dengan konsep bahari dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan PAD," kata Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid, di Sukadana, Rabu.

Salah satu yang dilakukan adalah melakukan pembenahan berbagai sarana dan prasarana yang menghubungkan antarpulau.

Sementara salah satu objek wisata yang gencar dipromosikan yakni Pulau Karimata yang memiliki luas sekitar 77 ribu hektare yang berstatus Suaka Alam Laut (SAL). Objek tersebut dinilai menjanjikan keindahan bawah laut yang belum banyak dikenal para pehobi kegiatan di bawah laut di Indonesia.

Di samping eksotisme taman laut, potensi landskap kepulauan yang dihuni lebih 1.400 jiwa ini juga menawarkan pesona yang tidak kalah menawan.

Secara geografis, kepulauan ini berada di selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Gugusannya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu.

Terdapat pula pulau-pulau kecil yang menawarkan pesona tersendiri, di antaranya Pulau Kelumpang, Buluh, Belian, Busung, Segunung, Genting, Serungganing dan Pulau Kera.

Pembenahan sarana dan prasarana, termasuk penyediaan kapal untuk transportasi diharapkan dapat memecahkan permasalahan dalam menjangkau "mutiara" Kalbar tersebut.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement