Sabtu 17 Oct 2015 10:51 WIB

Mom, Ini Alasan Berat Badan tak Kunjung Turun Pascamelahirkan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan bayinya
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ibu dan bayinya

REPUBLIKA.CO.ID, Saat hamil berat Anda bertambah. Bahkan penambahannya pun tak sedikit, ada yang sampai 10 atau 12 kilogram. Setelah melahirkan pun, banyak ibu yang tak langsung turun berat badannya. Masih ada yang bertumbuh gemuk layaknya seperti saat ia sedang hamil. Terutama di bagian perut.

Nah, sebenarnya apa penyebabnya? Laman Popsugar, Sabtu (17/10) memberikan jawabannya pada Anda.

Anda terlalu sibuk untuk latihan fisik

Alasan sebenarnya mengapa banyak ibu-ibu meninggalkan latihan fisik adalah hal sederhana. Mereka mengaku tidak memiliki cukup waktu dalam sehari untuk olahraga. Jika Anda ibu bekerja, Andalah yang paling sibuk.

Pergi ke kantor di pagi hari dan pulang ke rumah malam hari. Dan jika Anda diam di rumah bersama anak-anak Anda, waktu Anda habis untuk anak-anak. Anda butuh perjuangan untuk mendapatkan waktu pergi ke gym.

Anda tanpa disengaja makan dua kali

Banyak ibu yang jatuh dalam perangkap makan. Dimana saat ia memberi makan anaknya terutama saat makan malam, maka si ibu akan ikut menggigit apapun yang anak makan. Lalu ketika ibu ingin menaruh anak ke tempat tidur agar segera tidur, dia duduk di samping anak juga dengan makan malamnya. Ini akan membuat ibu dengan mudah makan 199 ekstra kalori atau lebih tanpa disengaja dan tanpa dipikir ke arah situ.

Anda duduk makan dengan anak-anak pukul 06.00

Saat pagi hari, Anda akan duduk dengan anak-anak Anda untuk makan sarapan pagi. Kemudian Anda kelaparan lagi pada pukul 09.00. Begitu juga saat malam hari. Nah, di sinilah ibu-ibu pascamelahirkan cenderung tidak turun berat badannya meski anaknya sudah agak besar.

Anda berhenti menyusui

Jika Anda menyusui bayi secara eksklusif, Anda mungkin memperhatikan manfaat tambahan yang mengesankan. Dengan menyusui, berarti Anda ikut membakar 380 sampai 600 kalori per hari. Dan jika proses menyusui berakhir, maka berat badan lama Anda saat hamil sulit turun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement