Rabu 14 Oct 2015 08:48 WIB

Desa Hantu Terancam Punah, Pemerintah Italia Gelar Kampanye

Civita di Bagnoregio
Foto: Amusingplanet
Civita di Bagnoregio

REPUBLIKA.CO.ID, Berada di sebelah utara Roma, terdapat sebuah desa kecil nan sunyi, namun sangat artistik. Sayangnya, desa yang berpotensi menaikkan kunjungan wisatawan ini justru terancam punah.

Dilansir AmusingPlanet Rabu (14/10) Civita di Bagnoregio ini telah berusia lebih dari 1.200 tahun. Keunikannya desa ini hanya dihuni 10 orang penduduk. Padahal, desa ini memiliki struktur sejarah pemandangan yang sangat indah. Berkunjung ke desa ini Anda akan menyusuri jalan bebatuan yang memutar di atas terbing terjal dan menghadap langsung ke jurang serta laut jernih di bawahnya.

Keunggulan lain dari desa ini Anda akan merasakan tantangan adrenalin yang tak pernah bisa ditemukan di daerah lain. Civita de Bagnoregio hanya bisa diakses melalui jembatan menjulang menyebrangi tebing tinggi. Karena alasan keselamatan ini yang membuat desa akan dikosongkan mengingat bahaya tebing yang kapan saja bisa runtuh.

Akan tetapi pemerintah Italia membuat kampanye wisata untuk menyelamatkan desa dari kepunahan. Pemerintah mengajukan petisi agar Civita de Bagnoregio menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Petisi ini juga didukung oleh mantan presiden Italia, Giorgio Napoletano. Dengan harapan, desa tersebut mendapat bantuan dana dan perhatian serta menyelamatkan warga desa.

Sejak tahun 2013, wisatawan yang berkunjung ke desa ini dipungut biaya sekitar 1.50 poundsterling atau sekitar Rp 24 Ribu. Desa ini telah dikunjungi oleh 43.000 orang selama Agustus tahun ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement