Ahad 11 Oct 2015 06:03 WIB
Jalan-Jalan Akhir Pekan

Berwisata Hijau di Kampung 99 Pepohonan

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri
Kampung 99 pepohonan di Depok, Jawa Barat
Foto: Google
Kampung 99 pepohonan di Depok, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, Dibesarkan di kota dengan kawasan hijau yang sudah semakin tidak terlihat, menjadi tantangan tersendiri bagi penduduk masa kini.

Walaupun sudah banyak gadget teranyar yang menyediakan banyak aplikasi untuk melatih perkembangan dan pendidikan, tetap terasa kurang mendidik.

Tidak banyak yang tahu bahwa di kawasan Sawangan, Depok terdapat satu tempat yang cocok sekali untuk liburan bersama dengan keluarga, yaitu Kampung 99 Pepohonan. Tidak hanya berlibur, Anda bisa belajar banyak tentang menjaga lingkungan dan melestarikannya. Tubuh Anda juga jadi bisa lebih sehat karena banyak beraktivitas di alam terbuka, berjalan, berlari, menghirup udara bersih nan segar.

Kampung 99 Pepohonan ini sebenarnya merupakan hunian 18 keluarga, yang bergotong royong setiap harinya menghidupi kehidupan mereka. Bisa dibilang semacam vila namun didalam kawasan perkampungan. Rumah para penduduknya terbuat dari kayu. Ruang masak, ruang cuci, dan ruang keluarga digunakan bersama-sama. Sehingga sangat terasa suasana kekeluargaannya.

Salah satu penghuni nya yakni Fatimah (40th) bercerita banyak kepada Republika.co.id tentang Kampung 99 Pepohonan. Ia bercerita bahwa konon katanya kenapa kampung ini diberi nama Kampung 99 Pepohonan karena dulu di wilayah ini ada 100 anak yang bermain bersama, dan salah satunya tenggelam, sehingga menyisakan 99 anak.

"Tapi itu baru hanya sebuah mitos, sampai sekarang saya sendiri belum tau kepastiannya mengapa kampung ini diberi nama Kampung 99 Pepohonan," ujar Fatimah.

Awalnya banyak yang mengira bahwa tempat ini memang hanya memiliki 99 pohon, tetapi ternyata hanya namanya saja. Tidak mungkin kawasan seluas 5 hektar ini hanya memiliki 99 pohon? Jadi ada berapa pohonnya? Ratusan bahkan jutaan. Kampung 99 Pepohonan sangat terbuka untuk siapapun yang ingin mengadakan kegiatan disana. Untuk biaya, biasanya dihargai dengan harga pohon. Jadi dengan mengadakan kegiatan disana, Anda juga ikut dapat melestarikan lingkungan dengan menyumbangkan pohon. Satu pohon dihargai Rp 25 ribu.

Kegiatan yang bisa dilakukan disana antara lain Trekking berkeliling Kampung 99 Pepohonan, menanam pohon, belajar membajak sawah, menanam padi di sawah dan memanennya jika memang sudah memasuki musim panen, memberikan makan dan memandikan rusa, sapi dan kambing.

Disini juga tersedia paket Outbond. Harga paketnya dimulai dari Rp 125 ribu per orang dan bisa disesuaikan dengan jenis kegiatan outbond yang diinginkan. Tinggal konsultasi langsung saja dengan pihak Kampung 99 Pepohonan.

Jika sudah asyik beraktivitas seharian dari pagi sampai malam, cobalah untuk menginap di rumah kayu yang ada di Kampung 99 Pepohonan. Harganya bervariasi, mulai dari harga 80 pohon-100 pohon. Pastinya jadi pengalaman yang menyenangkan tidur di dalam rumah pohon tanpa bunyi bising kendaraan. Hanya bertemankan suara jangkrik dan kalau beruntung, masih bisa melihat kunang-kunang.

Sehabis beraktivitas di Kampung 99 Pepohonan, Anda bisa memesan menu makan siang andalan disana yaitu Nasi Hangat dengan Ayam Kampung Goreng dan Sayur Asam. Menunya disajikan di atas daun pisang pula. Suasana pulang ke kampung nya semakin berasa.

Yuk berkunjung ke Kampung 99 Pepohonan. Anda bisa menikmati berwisata hijau dan belajar tentang alam berserta lingkungannya. Dijamin seru!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement