Jumat 25 Sep 2015 15:27 WIB

Keren! Ada Robot Pembuat Pancake

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri
Robot pembuat pancake
Foto: Foodbeast
Robot pembuat pancake

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak film terminator dan acara televisi yang membuat kita takut dan merasa waspada terhadap mesin hidup, namun kali ini ada yang beda dan nyata, ada sebuah robot yang dapat membuat pancake.

Berita ini mungkin akan membuat Anda senang sekaligus khawatir. Dilansir Foodbeast Kamis (24/9) sekelompok ilmuwan dari RoboHow telah menciptakan sebuah robot yang mampu belajar memasak dari manusia dan Internet.

Menurut MIT Technology Review, robot PR2 ini belajar dengan menganalisis gerakan manusia, seperti mengaduk adonan atau membalik pancake.

Caranya mesin menganalisis bahasa manusia menjadi sebuah informasi, yang memungkinkan robot untuk mempelajari semua rincian yang diperlukan untuk menjalankan sesuatu. Termasuk bagaimana membuka toples, mencampur adonan dan bahkan membalik pancake.

Setelah satu robot PR2 belajar bagaimana memasak hidangan, semua robot ciptaan RoboHow meupload pengetahuan yang didapat oleh robot yang belajar tersebut ke database mereka dan semua dapat mengakses sehingga dapat mengetahui bagaimana cara memasak.

Namun kenapa kita harus khawatir? Bukannya ini bagus? Nah ini masalahnya, apabila tercipta sebuah koki robot, itu hanya masalah waktu sebelum pekerjaan menjadi seorang juru masak akan menjadi profesi yang tak laku lagi atau usang.

Menurut Michael Beetz, anggota dari RoboHow, robot ini bisa dipasarkan dalam waktu sepuluh tahun. Namun kenyataannya bisa saja lebih cepat. Meksi demikian Beetz belum mengatakan kapan akan merilis robot buatannya ini ke pasaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement