Senin 21 Sep 2015 14:46 WIB

Meracik Bekal Sekolah Bagi Anak Susah Makan (2-Habis)

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Tata makanan dalam bentuk menarik agar anak bersemangat makan.
Foto: tablespoon
Tata makanan dalam bentuk menarik agar anak bersemangat makan.

REPUBLIKA.CO.ID, Memilih dan menyiapkan makan siang untuk anak-anak tergolong sulit-sulit gampang. Apa yang dipandang sehat bagi anak, tak selalu akan disukai anak. Menyiapkan makanan yang menarik pun tidak selalu mudah.

Dikutip dari Real Simple, Senin (21/9), ada beberapa trik menyiapkan makan sehat bagi anak. Coba terapkan agar asupan gizi anak terpenuhi, sekaligus anak merasa makanannya cukup menarik untuk dimakannya sendiri.

Luangkan waktu dengan membuat menu baru

Jika anak Anda menolak untuk makan makanan tertentu, akan sulit untuk mengetahui kapan harus terus mencoba dan menyerah. Penelitian telah menunjukkan anak-anak bisa mulai suka setelah berulang kali mencoba. Menurut Bissex itu namun bukan solusi yang mudah. Karena dia mengira itu tidak akan terjadi dengan beberapa anak.

Tanya Steel, CEO Cooking Up Big Dreams dan penulis Real Food for Healthy Kids, menyarankan meletakkan makanan baru dalam jumlah sedikit di kotak makan anak. Lalu lanjut mengenalkannya berselang-seling selama beberapa pekan.

"Jika pada akhirnya mereka tidak suka, ganti dengan yang beda tapi masih dalam keluarga makanan yag sama. Misalnya mereka tidak suka sayur kale setelah mencoba beberapa kali. Ganti dengan bayam. Atau sayuran lain seperti edamame."

Membuat kue di rumah

Membuat versi buatan sendiri makanan ringan favorit anak-anak adalah cara yang bergizi untuk memenuhi selera mereka. Granola bar dikemas dengan aprikot, gandum, dan kacang almond memiliki lebih sedikit gula dan aditif dari toko, tetapi bisa tak lezat dan akan menjadi penyemangat mereka untuk sekolah.

"Anda ingin memastikan bahwa Anda membawakan makanan yang penuh energi, sehingga mereka akan terus minta," katanya. Buatlah kue kering yang ditempel dengan kacang-kacangan, buah-buahan, atau bisa dengan kepingan cokelat atau olesan cokelat manis kesukaan mereka. Bisa juga dengan yogurt atau bahan-bahan menarik lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement