Ahad 26 Jul 2015 11:07 WIB

Usai Liburan, Orang Tua Perlu Siapkan Ini saat Anak Kembali Sekolah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Anak sekolah tengah berjalan kaki.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Anak sekolah tengah berjalan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, Senangnya orang tua yang anaknya sebentar lagi mulai kembali bersekolah atau bersekolah untuk pertama kalinya. Beragam persiapan tentu sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Namun, adapula persiapan yang bisa dilakukan di malam sebelumnya seperti artikel yang dilansir dari laman Popsugar Ahad (26/7) berikut ini.

Persiapan untuk kebutuhan satu minggu penuh di hari Ahad

Membuat rencana dan persiapan malam hari sebelumnya merupakan kunci keberhasilan hari-hari sekolah anak. Tapi setelah Anda menguasai itu, cobalah rencanakan untuk satu minggu penuh, setidaknya rencanakan waktu makan malam. Dapatkan semua bahan kebutuhan Anda dihari Ahad untuk satu minggu kedepan dapat menyelamatkan Anda belanja dadakan.

Selalu meninggalkan rumah tujuh menit lebih cepat

Biasanya Anda selalu merencanakan bisa meninggalkan rumah untuk mengantar anak sekolah pukul 06.45 pagi, bahkan hingga pukul 06.55 anak Anda tak kunjung keluar rumah. Putuskan kegiatan apa yang bisa Anda tinggalkan dimenit terakhir sebelum terlambat ke sekolah. Dan buatlah tujuan akhir untuk meninggalkan rumah menuju sekolah tujuh menit lebih cepat.

Atur ulang jam

Agar anak bisa menghargai waktu dan melakukan semua hal dengan tepat waktu, maka orang tua juga wajib mengajarkan serta memberikan contohnya. Jika hanya mencoba untuk pergi lebih awal dari rumah ke sekolah bukan berarti Anda memotong waktu. Tetap melakukan semuanya dengan tangan Anda sendiri. Cobalah atur ulang settingan jam Anda. Buat alarm maju beberapa menit sebelumnya. Paling lama lima atau 10 menit sebelumnya akan membuat setiap orang tepat waktu, apakah mereka sadar itu atau tidak.

Istirahatkan facebook

Jika biasanya Anda bangun pagi langsung mengecek Facebook dan sosial media lainnya di telepon genggam, dengan sibuknya suasana pagi hari cobalah rubah kebiasaan itu. Anda masih bisa mengeceknya, tapi cukup sekali lihat saja. Kemudian kembali fokus mengurus anak-anak. Setelah anak jalan ke sekolah, barulah Anda mulai membuka Facebook.

Membersihkan ransel harian

Tas ransel digunakan anak setiap hari, dari rumah ke sekolah, dari sekolah kembali ke rumah. Tidak ada salahnya Anda rajin membersihkannya, tak perlu dicuci, hanya dilap saja juga akan membantu. Bersihkan pula seletingnya yang sering dibuka tutup. Rapikan isi tas anak, ini juga akan membantu Anda mengetahui jika ada memo dari guru untuk Anda yang terselip didalam tas itu. Setelah itu, simpan tas dengan baik sebelum diisi kembali dengan buku.

Selalu ada tambahan, apapun

Untuk barang-barang sekolah anak yang mudah patah atau rusak, belilah yang banyak sebagai cadangan. Anda akan menggunakannya dalam kurun waktu selama setahun. Jadi jika anak membutuhkan barang tersebut, Anda tidak perlu mendadak membelinya. Tinggal ambil stok yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement