Senin 06 Jul 2015 09:01 WIB

Tiga Sikap Buat Adik Teladani Kakak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kakak beradik
Foto: drprem
Kakak beradik

REPUBLIKA.CO.ID, Menjadi seorang kakak bukanlah sebuah pilihan. Tapi ini adalah kodrat. Anda dilahirkan lebih dahulu otomatis Anda akan menjadi kakak tertua. Dengan menjadi kakak tertua maka Anda memiliki tanggung jawab terhadap adik-adik Anda.

Karena itu Anda harus memberikan pengaruh yang baik untuk mereka. Bagaimana caranya?

Tunjukkan pada mereka bagaimana melakukannya

Dikutip dari Allwomenstalk, Senin (6/7), salah satu cara terbaik untuk menjadi sebuah pengaruh baik dalam memimpin adalah dengan memberikan contoh. Perlihatkan kepada saudara Anda untuk melakukan hal terbaik sama seperti ketika Anda berbicara pada mereka. Jika adik-adik Anda melihat bahwa Anda pikir merokok itu hal bodoh, misalnya, mereka lebih sering akan mengikuti contoh dan tidak merokok.

Berikan mereka jalan keluar

Anda juga bisa membantu saudara kandung tanpa menghakimi mereka. Berikan dukungan dan jadilah pendengar yang baik setiap kali mereka ingin bicara. Mereka mungkin enggan berbicara dengan orang tua Anda tentang beberapa masalah, mereka justru akan menjadi lebih nyaman berbicara dengan Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda akan selalu membantu mereka keluar dari masalah.

Jangan menjadi orang tua mereka

Bagaimanapun Anda tidak harus mencoba menjadi orang tua mereka. Anda mungkin senior, tapi Anda tidak bertanggung jawab penuh kepada mereka dan Anda tidak memiliki otoritas dari diri mereka (kecuali Anda menjaga mereka). Anda bisa menjadi jauh lebih banyak pengaruh baik jika Anda tidak mencoba untuk menjadi bos di sekitar mereka dan memberitahu mereka harus berbuat apa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement