Rabu 03 Jun 2015 14:05 WIB

Begini Cara Membuat Kakak dan Adik Akur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kakak beradik
Foto: pixabay
Kakak beradik

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, Anda akan menghadapi masalah persaingan antar saudara kandung. Memang berat bagi anak untuk berbagi. Faktanya, ketika anak yang lebih muda lahir, sebenarnya semua anak takut mereka tidak mendapatkan cukup perhatian dari orang tuanya.

Persaingan antar saudara kandung bisa terjadi. Faktornya karena bentrokan kepribadian atau karena perbedaan usia dan perbedaan keinginan. Persaingan juga bisa terjadi karena jarak usia anak pertama dan kedua terlalu dekat, sedangkan mereka sedang menginginkan hal yang sama.

Akhirnya, pertengkaran pun tak dapat dihindari, hari yang buruk dan konflik akan menghiasi hari-hari Anda. Jangan khawatir, laman Ahaparenting edisi Rabu (3/6) memiliki beberapa tips membuat anak-anak Anda bisa menjadi teman dan sahabat yang baik. Mereka bisa tinggal bersama dengan damai. Ini semua tergantung dari pola asuh yang Anda terapkan. Pola asuh yang baik dapat mencegah dan bahkan mengubah ketegangan saudara kandung. Bagaimana caranya?

Memberi kasih sayang yang sama besar

Jika Anda memberikan kasih sayang yang sama besar terhadap anak-anak Anda dan masing-masing anak mengetahui bahwa Anda tidak dapat lebih mencintai saudara kandungnya, dibandingkan rasa cinta Anda padanya, dia tidak akan sering cemburu dengan saudaranya. Jadi fokus utama yang Anda butuhkan untuk memperkuat dan mempermanis hubungan Anda dengan masing-masing anak adalah mencintai mereka dengan sama besar, tanpa terlihat berat sebelah.

Jangan pernah membandingkan anak Anda dengan yang lain

Cara lain yang akan menghindari pertengkaran antar saudara kandung adalah tidak membandingkan mereka satu sama lain. Tidak mengatakan bahwa kakak lebih baik dari adik atau sebaliknya. Jika orang tua sering membandingkan, maka anak yang posisinya paling lemah akan menjadi tidak percaya diri dan akhirnya ia akan meradang dan membenci saudaranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement