Kamis 25 Jun 2015 13:01 WIB

Agar Anak Mau Makan Buah, Begini Saran Psikolog (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sajikan buah dalam bentuk menarik hingga anak tertarik makan buah.
Foto: wikipedia
Sajikan buah dalam bentuk menarik hingga anak tertarik makan buah.

REPUBLIKA.CO.ID, Buah merupakan salah satu makanan yang sering ditolak anak. Anak enggan mengonsumsinya. Entah karena tidak terbiasa melihatnya, jadi anak tidak mau memakannya. Atau karena rasanya yang tidak seenak permen, anak enggan mengunyahnya. Atau justru penampilannya tidak secantik cupcake, yang membuat anak tak mau mencoleknya sedikit saja.

Masalah anak tidak mau makan buah, bukan hanya dikeluhkan oleh satu atau dua orang ibu saja. Tapi banyak ibu yang mengeluhkan hal serupa. Psikolog Anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi, menjelaskan agar anak mau makan buah, ada trik khusus yang perlu dilakukan orang tua.

Pertama, orang tua bisa menjadikan makan buah ini menjadi sebuah kebiasaan. Dimana setiap hari orang tua harus menyediakan buah di atas meja makan. Sehingga buah akan menjadi keseharian anak.

“Misalnya sajikan buah kiwi yang kaya akan manfaat, terutama banyak mengandung serat dan vitamin C,” ujarnya.

Setelah itu, sajikan buah dengan kreatif. Misalnya potong buah dan dibentuk menyerupai hewan. Seperti kura-kura, kelinci atau kucing. Bisa pula sajikan buah dalam bentuk jeli warna warni. Tak hanya itu, bisa sajikan buah dengan dilapisi cokelat dan teman dengan permen di sampingnya untuk menggugah selera makan buah pada anak.

“Tampilan yang semakin menarik akan membuat anak tertarik untuk mencoba menyicip buah tersebut. Pilih buah yang mudah dimakan oleh anak seperti buah kiwi sehingga anak tidak merasa repot dan sulit untuk makan buah,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement