Jumat 13 May 2016 11:15 WIB

Ingin Anak Suka Sayur? Coba Makan dari Sejak Hamil

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pastikan sepiring makanan Anda selalu kaya warna dari buah dan sayuran. Setiap warna sebab mengandung gizi yang dibutuhkan.
Foto: flickr
Pastikan sepiring makanan Anda selalu kaya warna dari buah dan sayuran. Setiap warna sebab mengandung gizi yang dibutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Tahukah Anda ternyata ibu hamil yang gemar makan sayur ternyata anaknya nanti setelah mendapatkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) akan sudah terbiasa makan buah sayur.

Konsultan Gastrohepatologi Anak, RS Awal Bros Evasari Jakarta, Dr Frieda Handayani Kawanto, SpA(K), menjelaskan ada penelitian yang membuktikan bahwa ibu-ibu yang hamil yang makan buah dan sayur, ternyata anak-anak yang dikandungnya begitu lahir lebih menyukai buah dan sayur. Dibandingkan ibu-ibu yang saat hamil tidak mengonsumsi buah dan sayur.

“Karena buah dan sayur yang dikonsumsi ibu saat hamil akan mempengaruhi sirkulasi darah juga mempengaruhi bau ketubannya sehingga bayi sudah terbiasa dengan bau-bauan buah dan sayur. Sehingga begitu dia mendapatkan MPASI akan lebih mudah makan buah dan sayur,” jelasnya dalam Peluncuran Program Edukasi Kebiasaan Makan Sehat yang diselenggarakan Sari Husada di Jakarta, belum lama ini.

Lalu ketika bayi sudah berusia enam bulan dan siap diberikan MPASI, orang tua bisa menyajikannya kepada bayi tersebut. Bisa dalam bentuk puree. Jika saat hamil ibu tidak makan buah dan sayur, juga saat bayi enam bulan tidak diberikan puree buah dan sayur, maka orang tua harus menjadi contoh, makanlah buah dan sayur di depan anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement