Selasa 23 Jul 2019 09:32 WIB

Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayur Kurangi Risiko Diabetes

Risiko diabetes bisa berkurang hingga 25 persen dengan buah dan sayur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Konsumsi buah dan sayur secara rutin untuk menjaga kesehatan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Konsumsi buah dan sayur secara rutin untuk menjaga kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan vegan dan vegetarian semakin menjadi arus utama dalam beberapa tahun terakhir. Survei baru-baru ini menunjukkan sebanyak 3,5 juta orang telah memangkas produk hewani karena alasan lingkungan, kesehatan dan etika.

Meskipun ada studi tak berujung yang mendokumentasikan banyak sekali manfaat yang dituai oleh orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi buah dan sayuran, sebuah analisis baru mengungkapkan ada satu manfaat kesehatan utama dari konsumsi sayuran hijau.

Baca Juga

Menurut sebuah studi oleh Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan di Boston, makan banyak buah-buahan dan sayuran sehat dapat mengurangi risiko terkena diabetes hingga hampir seperempatnya. Studi terhadap lebih dari 300 ribu orang menganalisis hubungan antara makanan nabati dan diabetes tipe 2 dan menemukan bahwa mereka yang diet utamanya nabati 23 persen lebih rentan terhadap penyakit ini.

Para peneliti mengatakan temuan itu bisa jadi karena makanan seperti itu kaya akan antioksidan yang melindungi terhadap diabetes. Juga meningkatkan sensitivitas terhadap insulin atau hormon yang mengontrol gula darah dan mengurangi kenaikan berat badan.

Penelitian juga membedakan antara makanan nabati yang sehat dan kurang sehat. Yang pertama termasuk buah-buahan, sayuran, gandum, kacang-kacangan, dan polong-polongan dan yang terakhir, kentang, tepung putih, gula dan produk hewani dalam jumlah sedang.

Penulis senior Profesor Qi Sun, ahli gizi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan, Boston, mengatakan secara keseluruhan, data ini menyoroti pentingnya mematuhi diet nabati untuk mencapai atau mempertahankan kesehatan yang baik.

"Orang-orang harus memilih buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, tahu, dan makanan nabati sehat lainnya sebagai landasan dari diet semacam itu," ujarnya seperti dilansir dari laman Independent, Selasa (23/7).

Sun menambahkan kepatuhan yang lebih tinggi terhadap kebiasaan makan nabati dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari diabetes tipe 2. Terutama ketika hanya makanan nabati yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan, yang dimasukkan dalam definisi berbasis tanaman.

Temuan yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine menambah bukti bahwa diet sangat penting dalam mengatasi kondisi yang sekarang mempengaruhi sekitar empat juta orang di Inggris.

Diperkirakan juga 549 ribu orang menderita diabetes tipe 2 tetapi tidak menyadarinya. Diabetes UK mendukung temuan ini, menyetujui bahwa diet tinggi makanan kaya antioksidan, seperti buah dan sayuran segar, dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Badan amal merekomendasikan orang-orang memilih makanan dalam pelangi warna untuk mendapatkan berbagai vitamin dan mineral sebanyak mungkin. Selain buah-buahan dan sayuran segar, Diabetes UK juga menganjurkan untuk mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan makanan fermentasi seperti yoghurt tanpa pemanis.

Menurut NHS, gejala diabetes tipe 2 dapat meliputi merasa haus sepanjang waktu. Lalu merasa sangat lelah, turun berat badan tanpa berusaha, hingga penglihatan kabur. NHS juga menyatakan bahwa Anda lebih berisiko terkena penyakit ini jika Anda lebih dari 40 tahun atau 25 untuk orang Asia Selatan, namun memiliki kerabat dekat dengan diabetes seperti orang tua, kakak atau adik. Juga berisiko bila Anda kelebihan berat badan atau obesitas dan berasal Asia Selatan, China, Afrika Karibia atau Afrika hitam - meskipun Anda dilahirkan di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement