Jumat 13 May 2016 07:03 WIB

Trik Bujuk Anak Makan Buah dan Sayur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak makan buah
Foto: AP
Anak makan buah

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin anak gemar makan buah dan sayur, tapi bingung bagaimana caranya? Tenang saja berikut ada trik jitu dari Konsultan Gastrohepatologi Anak, RS Awal Bros Evasari Jakarta, Dr Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K).

Agar anak mau akan buah dan sayur, tentu perlu dukungan lingkungan dan keluarga. Dalam keluarga, orang tua harus tegas bahwa sekali makan itu harus ada sayur dan buah sebanyak 50 persen. Ini harus diedukasi sejak kecil.

Orang tua sebaiknya mulai membiasakan anak makan buah dan sayur sejak kecil. Bahkan saat MPASI pertamanya di usia enam bulan atau bisa juga saat anak menginjak usia satu tahun.

Kedua, orang tua harus menjadi contoh makan buah dan sayur didepan anak sejak dini. Ini agar anak tertarik mau mencicipi buah juga. Selain itu orang tua bisa sambil memberikan penjelasan mengenai manfaat buah dan sayur.

Bukan hanya itu, orang tua juga harus menyediakan buah dan sayur di rumah. Sehingga anak menjadikan buah sebagai camilan. Tidak mencari camilan yang lain.

Pola makan anak juga harus diperhatikan oleh orang tua. Jangan makan sambil nonton televisi ataupun anak dibiasakan makan makanan cepat saji agar tidak kurang buah dan sayur.

Selain keluarga, dukungan lain juga datang dari sekolah. Misalnya dengan menyediakan acara makan buah dan sayur bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement