Senin 06 Jun 2016 09:48 WIB

Salah Konsumsi, Pisang dan Pepaya Buat Sembelit Anak

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Pepaya
Foto: ist
Pepaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang dan pepaya sering menjadi obat alami untuk menyembuhkan sembelit anak. Tapi ternyata, ada pula kasus anak yang justru malah sembelit setelah makan buah.

Ternyata, permasalahan sembelit memakan pepaya dan pisang memang sering terjadi. Hal tersebut dikarenakan perbedaan tekstur dan kandungan enzim buah saat dikonsumsi anak.

dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K) dokter spesialis anak konsultan endokrin metabolik & diabetes anak RS Pondok Indah,Pondok Indah, menjelasakan, jika anak mengalami sembelit maka pisang yang dikonsumsi harus matang sempurna. Teksur dari pisang itu mesti sudah lembut dan bisa disendok dengan mudah.

"Tapi kalau buat diare, ini yang masih belum terlalu matang, kan teksturnya belum terlalu lembut," kata Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia ini saat mengisi acara "Bagaimana Menjadikan Anak Sehat, Tinggi, dan Cerdas" di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (4/6).

Sedangkan pepaya yang bisa digunakan untuk obat sembelit itu enzim yang dimiliki pepaya atau serat papain. Menurut dr. Aman, jika serat yang dimiliki kurang dari dua persen dan kondisi pepaya kurang baik maka justru akan menyebabkan sembelit pada anak.

(baca: Pakar Bagi Kisah Mengasuh Anak tanpa Kekerasan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement