Kamis 18 Jun 2015 11:31 WIB

Hati-Hati, Susu Tinggi Lemak Buat Anak Gemuk

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak minum susu
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Anak minum susu

REPUBLIKA.CO.ID, Susu memang memiliki manfaat yang baik untuk tulang. Anak bisa lebih tinggi dan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Tapi susu juga bisa menyebabkan anak mengalami obesitas.

Nutrition and Health Science Manager, Nutrifood Research Center, Astri Kurniati, ST, MAppSc mengungkapkan secara nasional masalah gemuk pada anak umur 5 sampai 12 tahun masih tinggi yaitu 18,8 persen, terdiri dari gemuk 10,8 persen dan sangat gemuk (obesitas) 8,8  persen.

Banyak orang mengatakan anak gemuk itu lucu, tapi hati-hati. Seiring dengan bertambahnya berat badan atau obesitas usia muda, anak usia 4 sampai 19 tahun yang mengalami obesitas memiliki risiko terkena diabetes hingga empat kali lipat lebih tinggi. Sedangkan obesitas di waktu kecil meningkatkan risiko stroke 1,5 kali lipat.

Tak hanya itu, kelebihan berat badan pada anak berkaitan dengan diskriminasi sosial oleh teman. Serta munculnya rasa rendah diri. Anak-anak dengan berat badan berlebih juga cenderung merasa lebih sedih, kesepian, dan mudah merasa cemas.

Karena itu tentukan pilihan. Susu full cream mengandung lemak hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan susu skim. Susu rendah lemak untuk anak bisa diberikan sejak usia dua tahun. Anjuran ini telah dinyatakan oleh The 2005 Dietary Guidelines for Americans, American Heart Association, USDA dan Wisconsin Department of Public Instruction (Child and Adult Care Food Program). Salah satu negara bagian di Amerika Serikat juga mencanangkan gerakan ’Mooove to low-fat or fat-free milk’.

Kebutuhan lemak harian ana-anak 25 sampai 35 persen dari total asupan kalori harian. Di mana total asupan harian anak usia 4 sampai 8 adalah 1.200 sampai 1.400 Kal, yang berarti kebutuhan lemak harian hanya sekitar 40 sampai 46 gram (30 persen). Sedangkan, anak usia 9-13 adalah 1.600-1.800 Kal, yang berarti kebutuhan lemak harian hanya sekitar 53 sampai 60 gram (30 persen). Lemak tidak hanya dari susu,ada juga dari ayam goreng krispi, kentang goreng, es krim, nuget, pizza, keripik kentang, donat dan lainnya.

Agar terhindar dari kegemukan, ganti dengan yang lebih sehat yaitu kurangi minyak goreng, butter, santan, mayones, dan susu full cream. Gantikan dengan minyak tak jenuh seperti jagung, kanola, zaitun, mayones rendah lemak/bebas lemak, yogurt rendah lemak dan susu rendah lemak.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement