Selasa 16 Jun 2015 13:28 WIB

Wow, Cina Punya Museum Khusus Semangka

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Museum Semangka di Cina
Foto: Dailymail
Museum Semangka di Cina

REPUBLIKA.CO.ID, PANGGEZHUANG -- Museum identik dengan tempat peninggalan benda-benda bersejarah, antik, dan jarang dikunjungi.

Namun konsep seperti itu sudah tidak lagi berlaku. Di beberapa negara sudah menghadirkan museum-museum dengan tema tertentu yang begitu unik, seperti museum ramen di Jepang atau Museum kondom di Thailand.

Kali ini Cina akan siap meramaikan kawasan museum unik dengan China Watermelon Museum yang terletak di Panggezhuang, dekat kota Beijing, Cina. Museum ini memang bukan satu-satunya museum yang didedikasikan untuk semangka, namun yang menjadi unik adalah seluruh bangunan tempat itu berbentuk seperti buah yang lezat.

Pengunjung bisa menjelajahi tempat yang luasanya 43.056 kaki persegi untuk menikmati kelezatan buah asal Afrika Selatan ini. Bangunan museum merupakan bentuk penghargaan bagi rakyat pencinta buah.

Beberapa barang dipamerkan, seperti buku, komik, foto, tapi sayangnya tidak ada satupun semangka asli di museum itu. Keseluruhan semangka yang berada di museum ini terbuat dari lilin dengan jenis dan bentuk yang menyerupai semangka di seluruh dunia.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya museum membuat pengunjung nyaman dengan terhindar dari bau busuk semangka. Jika pengunjung ingin mencicipi berbagai jenis semangka, mereka dapat melangkah keluar dan menemukan sebuah pameran yang sudah menyajikan sejumlah jenis semangka yang tumbuh di pekarangan museum, dilansir dari Dailymail, Selasa (16/6).

Setelah kenyang mencicipi berbagai jenis semangka, pengunjung bisa membaca seputar budaya semangka kuno di Cina dan puis-puisi Cina kuno yang memiliki referensi dari buah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement