Sabtu 30 May 2015 13:07 WIB

Menukar Kebiasaan Mengemil dengan yang Lebih Sehat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Muffin gandum
Foto: flickr
Muffin gandum

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda sudah memilih camilan yang sehat dan tepat? Ya, camilan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Biasa makan sehat tapi hobi mengemil aneka penganan yang kurang baik tentu akan merugikan diri sendiri.

Coba periksa apakah camilan yang Anda makan masuk dalam daftar di artikel ini? Jika ya, saatnya Anda mengganti camilan tersebut dengan kebiasaan yang lebih sehat.

Ganti sereal lama yang ditambah susu almond dengan sereal tinggi serat dan susu sapi rendah lemak

Masalah sereal ada dua, pertama banyak sereal dengan proses tinggi, mengandung banyak gula, dan rendah serat. Kedua, susu kacang cenderung mengandung protein yang rendah.

Dikutip dari Cosmo, Sabtu (30/5), karena itu, pilih sereal gandum utuh yang mengandung beberapa gram serat dan kurang dari 10 kilogram gula pasir. Kemudian isi mangkuk Anda susu rendah lemak (susu sapi bebas laktosa), untuk memenuhi kadar protein.

Ganti cupcakes dengan muffin gandum utuh ditambah selai kacang

Hal ini bukan kejutan. Cupcake mengandung banyak gula, karena itu rasanya enak dan manis. Kue ini juga mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Ini bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat.

Karena itu, gantilah camilan cupcake dengan makanan yang tinggi serat seperti sereal tinggi serat atau roti gandum utuh panggang atau muffin gandum dan tambahkan diatasnya selai kacang. Makanan ini bisa menangkis rasa lapar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement