Selasa 16 May 2023 19:49 WIB

Resep Mudah Overnight Oats, Cuma Butuh Empat Bahan

Overnight oats paling baik dikonsumsi setelah didiamkan delapan jam di kulkas.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Overnight oat. Overnight oat bisa ditambahkan hampir semua hal, mulai dari buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, hingga cokelat.
Foto: wnetwork
Overnight oat. Overnight oat bisa ditambahkan hampir semua hal, mulai dari buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, hingga cokelat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oat yang didinginkan di lemari es semalaman (overnight oats) bisa menjadi menu sarapan yang lezat. Oat memang tidak harus dimakan sebagai bubur panas saja.

Hauke Fox berbagi resep overnight oats di blog makanan vegetarian, HurryTheFoodUP. Dia mengeklaim bahwa resep overnight oat-nya adalah resep termudah yang pernah ada.

Baca Juga

Overnight oat bisa ditambahkan hampir semua hal, mulai dari buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, hingga cokelat.

"Overnight oat mudah dibawa-bawa dan dapat dimakan dalam perjalanan, di kantor, atau di rumah. Anda tidak akan melewatkan sarapan lagi!" ujar Fox, dilansir Express, Selasa (16/5/2023).

Berikut ini merupakan resep  overnight tropical oats:

Bahan-bahan:

- Rolled oats

- Susu (susu sapi atau nabati)

- Madu (atau sirup maple, agave, gula merah).

- Tambahan- (kayu manis, selai kacang, Greek yoghurt, keripik cokelat, buah, biji-bijian, kacang-kacangan).

Meskipun oat apa pun dapat digunakan untuk resep ini, Fox mencatat bahwa varietas rolled oat "berfungsi paling baik" karena lebih cepat melunak daripada versi steel-cut yang lebih tebal.  Ekstrak kayu manis, kapulaga, atau vanila semuanya dapat ditambahkan untuk menambah rasa agar “melengkapi” rasa oat dengan sempurna.

Yang diperlukan hanyalah lima menit untuk menyiapkan gandum, bersama dengan beberapa menit untuk memotong buah dan kacang segar untuk tambahan. Mulailah dengan menakar setengah cangkir oat dan setengah cangkir susu per porsi.

Dalam stoples atau wadah bersih, campurkan susu dan oat. Perasa apa pun seperti vanila, bubuk kakao, atau kayu manis harus ditambahkan pada tahap ini. Kencangkan stoples dengan penutup kedap udara lalu biarkan campuran tersebut di lemari es semalaman.

Keluarkan oat dari kulkas keesokan paginya siap dinikmati langsung. Cara lainnya, wadah dapat dilepas setidaknya 30 menit sebelum dimakan untuk mengembalikan oat ke suhu kamar. Kemudian overnight oat bisa ditambahkan pemanis dari madu dan diakhiri dengan tambahan pilihan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement